Keuntungan investasi saham banyak dinilai lebih besar dan lebih menguntungkan dibandingkan dengan instrumen keuangan yang lainnya. Investasi saham akhir-akhir ini memang banyak dilirik masyarakat karena lebih mudah dipelajari dan memberikan untung dalam waktu yang tidak lama.

Meskipun dianggap mudah dipelajari dan memberikan banyak keuntungan, investasi saham juga memiliki risiko yang sama besarnya. Untuk anda yang masih belum tahu apa saja keuntungan investasi saham yang bisa anda dapatkan, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Saham?

Sebelum anda mengetahui keuntungan investasi saham, anda lebih baik mengenal apa itu saham? Saham adalah salah satu instrumen keuangan berupa tanda bukti penyertaan modal dari perorangan atau badan usaha kepada perusahaan atau perseroan terbatas untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan Investasi Saham

Ada banyak sekali keuntungan investasi saham yang bisa anda dapatkan sebagai investor. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Dividen

Dividen adalah laba atau keuntungan yang dibagikan perusahaan kepada pemegang saham sesuai dengan persentase saham yang dimilikinya. Dividen dapat dibayarkan dengan 2 cara yaitu dividen tunai dan dividen saham.

Seperti namanya, dividen tunai akan dibayarkan secara tunai dalam bentuk uang. Sedangkan dividen saham dapat diartikan sebagai pembagian keuntungan berupa saham, jadi pemegang saham akan mendapatkan saham lagi dan menambah jumlah kepemilikannya.

  1. Capital Gain

Keuntungan investasi saham yang selanjutnya adalah capital gain. Capital gain adalah selisih antara harga beli dan harga jual saham. Untuk mendapatkan capital gain anda harus menjual saham anda lebih tinggi dari harga beli anda. jadi, capital gain hanya akan ada jika anda melakukan proses transaksi jual beli di bursa efek.

  1. Dapat Mengikuti RUPS

Membeli saham suatu perusahaan akan menjadikan anda seorang pemilik saham dan pemilik perusahaan. Karena itulah anda juga bisa mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam RUPS anda bisa melihat rencana masa depan perusahaan, pembagian dividen dan laporan tahunan perusahaan.

Anda juga bisa andil dalam pengambilan keputusan jika diperlukan. Namun dalam hal ini juga terdapat syarat-syarat khusus yang harus anda penuhi seperti persentase saham dan lainnya.

  1. Modal Kecil Keuntungan Besar

Banyak orang yang akhirnya tertarik untuk melakukan investasi saham karena hanya dibutuhkan modal yang kecil. Saat ini, hanya dengan Rp 100.000 saja anda sudah bisa mendapatkan satu lembar saham yang dapat menghasilkan keuntungan berlipat di kemudian hari.

Meskipun ada resiko yang menyertainya, tidak dapat dimungkiri bahwa investasi saham akan menghasilkan keuntungan besar meskipun hanya dengan modal kecil.

  1. Investasi Bersifat Fleksibel

Investasi saham adalah pekerjaan yang fleksibel. Anda tidak harus meluangkan banyak waktu dan tenaga untuk bermain saham. Apalagi dengan berbagai kemudahan teknologi yang ada saat ini. Hanya dengan duduk diam, anda bisa memantau pergerakan harga saham serta keuntungan yang anda dapatkan dengan berinvestasi saham.

  1. Pajaknya Tidak Besar

Dibandingkan dengan instrumen investasi keuangan yang lainnya, investasi saham memiliki persentase pajak yang cukup kecil. Investasi saham hanya dibebankan sebesar 0,1% dari keuntungan akhir pemilik saham. Selain itu, terdapat kemudahan pajak lain yang bisa anda dapatkan. Karena pajak saham ini sifatnya pajak final, anda sebagai pemegang saham tidak perlu melaporkannya pada SPT. Broker atau perusahaan sekuritas akan langsung memotong penghasilan anda untuk pajak sata melakukan transaksi.

  1. Aman serta Transparan

Investasi saham juga merupakan investasi yang cukup aman dan transparan. Hal ini karena saham hanya dilakukan di satu lingkup yang sama yaitu bursa efek. Investasi saham juga dilindungi oleh hukum dan peraturan pemerintah yang menyertainya.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai keuntungan investasi saham yang bisa anda dapatkan. Semoga dapat menjadi pertimbangan anda untuk memulai investasi saham ya.

Selalu ingat bahwa setiap investasi pasti memiliki risiko yang menyertainya dan untuk anda yang masih bingung dimana akan mempercayakan dana anda untuk investasi saham, anda bisa memilih Universal Broker. Universal Broker akan menjamin investasi saham anda berjalan dengan aman, nyaman serta efisien.

What's your reaction?
0COOL0WTF0LOVE0LOL