Investasi Saham merupakan salah satu opsi untuk berinvestasi dan mengembangkan uang yang anda miliki. Investasi saham banyak dipilih karena cenderung mudah dipelajari dan memiliki banyak keuntungan dibanding instrumen investasi yang lain. Saat ini, investasi saham sangat mudah dilakukan bahkan ketika anda berada dirumah. Investasi saham online memang banyak menjadi pilihan karena mudah, hemat dan efektif. Nah untuk anda para pemula, simak artikel berikut untuk mengetahui cara investasi saham online.

Mengenal Investasi Saham

Saham adalah salah satu instrumen keuangan berupa tanda bukti penyertaan modal dari perorangan atau badan usaha kepada perusahaan atau perseroan terbatas untuk mendapatkan keuntungan berupa dividen dan capital gain.

Dividen adalah hasil yang didapatkan investor dari pembagian laba perusahaan sesuai dengan persentase saham yang dimilikinya. Sedangkan capital gain adalah selisih dari nilai beli dan nilai jual saham.

Cara Investasi Saham Online

Setelah mengenal apa itu investasi saham, berikut anda akan mempelajari cara investasi saham online yang mudah untuk diikuti.

  1. Membuka Rekening Saham

Untuk bisa membeli saham, anda tentu harus memiliki rekening saham terlebih dahulu. Nah rekening saham ini ada pada perusahaan broker. perusahaan broker atau pialang atau sekuritas merupakan penghubung agar anda bisa melakukan jual beli saham di bursa efek.

Jika anda memilih perusahaan broker, pastikan perusahaan tersebut kompatibel, terdaftar secara resmi di BEI dan pastinya memiliki aplikasi atau software yang bisa anda gunakan untuk melakukan transaksi saham secara online.

Pembukaan rekening saham ini tidak akan dikenai biaya sepeserpun. Anda hanya perlu melengkapi data-data dan melampirkan beberapa dokumen yang diperlukan.

  1. Mendepositkan Dana

Setelah rekening saham selesai dibuat, anda akan mendapatkan email tentang konfirmasi data yang anda gunakan untuk mengakses rekening saham anda. Sama seperti rekening bank, rekening saham digunakan untuk menyimpan dana atas nama diri anda namun hanya digunakan untuk transaksi jual beli saham.

Dalam email tersebut, anda akan mendapatkan username, password, PIN serta nomor rekening saham anda. untuk mendepositokan dana, anda bisa melakukan transfer baik melalui teller bank, ATM, internet banking maupun mobile banking yang anda miliki.

  1. Menginstall Aplikasi Trading

Langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi trading yang disediakan oleh perusahaan broker tempat anda membuka rekening. Aplikasi tersebut berbeda-beda pada setiap broker namun umumnya terdapat versi untuk ponsel dan PC.

Email, username serta password yang anda gunakan untuk mengakses aplikasi ini biasanya diberikan bersamaan dengan email tentang rekening saham.

Pada software ini anda dapat melihat berbagai saham yang sedang trending, pergerakan saham milik anda dan saldo rekening saham anda.

  1. Melakukan Transaksi Jual Beli

Setelah menginstall aplikasi trading dari broker, anda baru bisa melakukan transaksi jual beli saham. Anda bisa mencari berbagai saham yang anda inginkan untuk dibeli.

Anda juga bisa langsung mencarinya dengan mengetikkan kode saham yang ingin anda beli. Lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah selanjutnya di aplikasi tersebut. Anda juga bisa melakukan transaksi penjualan saham di aplikasi loh. Anda hanya perlu memilih saham yang akan anda jual, memilih tombol jual dan mengatur harga jualnya.

Demikian tadi panduan singkat dan lengkap tentang cara investasi saham online untuk anda para pemula. Semoga informasi diatas dapat membantu.

Jika anda masih bingung untuk memilih perusahaan broker, anda bisa mengandalkan Universal Broker. dengan mempercayakan dana anda pada Universal Broker untuk investasi saham, anda bisa berinvestasi dengan aman, tenang dan efektif!

What's your reaction?
1COOL0WTF0LOVE0LOL