Anda sedang belajar investasi saham? Atau baru ingin terjun ke bidang investasi dan bingung memilih instrumen investasi? Saham bisa anda jadikan pilihan. Menurut banyak ahli, investasi saham merupakan instrumen investasi dengan keuntungan terbaik dan mudah untuk dipelajari. Untuk anda yang ingin belajar investasi saham, artikel berikut mungkin akan membantu anda. Check this out!

Sekilas Tentang Saham

Sebelum belajar investasi saham, anda harus mengerti dulu apa sebenarnya saham itu? Saham merupakan suatu tanda penyertaan modal dari seseorang atau badan kepada perusahaan atau perseroan terbatas. Seseorang atau badan yang menyertakan modal dalam bentuk saham,dapat mengklaim pendapatan perusahaan, asset dan berhak hadir dalam RUPS sesuai dengan jumlah modal yang disertakan. Keuntungan yang di dapat dari saham ada 2 yaitu:

–         Dividen atau pembagian keuntungan dari laba perusahaan, dan

–         Capital Gain atau selisih harga jual dan harga beli saham yang anda miliki.

Tips Belajar Investasi Saham Untuk Pemula

Sekarang, anda akan masuk ke pembahasan mengenai tips belajar investasi saham untuk pemula. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Mulai Dari Jumlah Kecil

Meskipun anda memiliki dana besar untuk investasi saham, sebaiknya anda tetap memulai dari jumlah yang kecil saja. karena jika anda salah mengelola dananya, anda hanya akan mendapatkan rugi besar dan dana yang anda keluarkan tidak bisa kembali.

Investasi saham biasanya tidak mengharuskan anda untuk mengeluarkan dana dalam jumlah besar sekaligus, bahkan beberapa perusahaan bisa dibeli sahamnya dengan Rp 100.000 saja. Sisihkan dana anda sedikit demi sedikit dan jika anda ingin berinvestasi jangka panjang, anda bisa membeli saham perusahaan yang sama sedikit demi sedikit dari dana yang anda miliki.

  1. Pertimbangkan Situasi Ekonomi dan Politik

Harga saham beserta nilainya sangat rentan dengan perubahan lingkungan terutama perubahan situasi ekonomi dan politik. Bahkan jika situasi politik atau ekonomi tersebut hanyalah rumor, harga dan nilai saham dapat terpengaruh loh.

Untuk belajar investasi saham, anda harus peka dan tanggap terhadap situasi politik dan ekonomi yang mungkin akan mempengaruhi harga saham dari perusahaan anda.

  1. Pelajari Jenis Industri dan Perusahaannya

Sebagai investor saham pemula, anda juga harus mempelajari perusahaan yang sahamnya akan anda beli. Yang harus anda pelajari adalah jenis industrinya, kinerja perusahaannya, reputasi perusahaannya.

Apakah jenis industri tersebut sedang naik atau sedang surut keuntungannya, apakah kinerja perusahaan tersebut baik, terus naik atau justru menurun dan apakah reputasi perusahaan tersebut bagus di mata masyarakat. Karena meskipun sepele, hal tersebut dapat mempengaruhi harga saham.

  1. Usahakan Memilih Saham Big Caps

Big Caps merupakan jenis saham yang memiliki nilai kapitalisasi pasar yang sangat besar dan menguntungkan bagi anda. Saham Big Caps tidak akan mudah dimanipulasi oleh investor lain yang memiliki modal besar. List saham Big Caps biasanya akan disebar beberapa waktu sebelum pasar saham dibuka.

  1. Pilih Saham yang PER nya Rendah

PER (Price to Earning Ratio) atau rasio PE adalah suatu alat penghitungan harga saham perusahaan. Saham dengan rasio PE yang rendah biasanya lebih menguntungkan karena laba per saham akan menjadi lebih tinggi daripada harga saham. Rumus dari PER adalah:

Rasio PE = Harga pasar per saham dibagi dengan penghasilan per saham.

Demikian beberapa tips untuk belajar investasi saham bagi anda seorang pemula. Namun jika anda masih ragu untuk memulai investasi saham, anda bisa mempercayakan investasi anda pada perusahaan broker. PT Universal Broker Indonesia Sekuritas merupakan salah satu perusahaan broker terkemuka yang dapat anda andalkan.

Perusahaan ini telah terbukti sangat kompeten untuk membantu anda berinvestasi saham dengan aman dan efektif. Semoga informasi diatas dapat membantu!

What's your reaction?
0COOL0WTF0LOVE0LOL