Masih ada banyak pemula yang salah kaprah soal trading saham. Tanpa pengetahuan mumpuni, pengalaman belajar saham, dan skil analisis yang baik, mereka nekat terjun ke dunia paling rentan ini. Alih-alih memperoleh keuntungan besar, trader yang belum belajar trading saham dengan baik akan merugi.

Kelebihan dan Kekurangan Trading Saham

Meskipun dapat memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat, trading saham juga mendatangkan beberapa resiko pada semua pelakunya.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dari trading saham:

  1. Adanya potensi untung dalam kurun singkat.
  2. Memperoleh deviden atas keuntungan perusahaan.
  3. Likuiditas yang memudahkan trader memperoleh keuntungan.

Adapun untuk kekurangan trading saham ialah sebagai berikut:

  1. Bisa saja mengalami rugi besar dalam waktu sekejap.
  2. Menghabiskan banyak waktu untuk memantau kondisi pasar saham.
  3. Potensi memperoleh deviden cukup kecil karena rata-rata trading memiliki saham minimum untuk setiap emitennya.

Daftar Aplikasi untuk Belajar Trading Saham

  1. RTI Business

RTI Business menjadi salah satu aplikasi yang banyak direkomendasikan untuk dimiliki oleh para trader dan investor saham. RTI ini sejatinya menjadi aplikasi yang menyajikan beragam data terbaru yang dikeluarkan oleh BEI dalam waktu nyata.

Sebagai aplikasi favorit untuk membantu para trader dalam melakukan analisa fundamental, RTI Business digawani dengan fitur yang cukup lengkap. Misalnya saja, adanya gambaran kinerja perusahaan selama 5 tahun terakhir mulai dari growth, earning, profitability, cash flow, balance sheet, hingga income statement, pada bagian tab ‘Financials’.

Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui detail-detail transaksi untuk suatu saham pada hari tertentu serta riwayat pergerakan harga sahamnya dalam satu bulan. Dilengkapi pula dengan fitur ‘Calendar’ yang berisikan tentang berbagai jadwal aksi dari korporasi perusahaan seperti right issue, IPO, RUPS, deviden, dan lain sebagainya.

Aplikasi multiguna besutan PT RTI Infokom ini juga dibekali dengan IDX Virtual Online Trading, yakni sebuah fitur simulasi trading saham. Melalui fitur ini, trader pemula bisa belajar analisis sekaligus melatih skill nya dalam berinvestasi, mengingat tools yang disediakan sangat mirip dengan standar aplikasi dari perusahaan sekuritas.

Beberapa fitur andalan khas aplikasi sekuritas dalam RTI Business adalah order book, buy, sell, account, notifikasi, portofolio/holdings, order list, dan trade list.

IDX Virtual Online Trading akan memberikan virtual dana sebesar Rp 100 juta yang bisa digunakan sebagai modal awal untuk bertransaksi jual-beli saham. Biasanya, keuntungan ini akan diberikan sesaat setelah proses registrasi member berhasil dilakukan.

  1. Stockbit

Belajar trading saham secara gratis juga bisa dilakukan lewat aplikasi Stockbit. Tersedianya demo trading saham yang sama dengan pergerakan data bursa saham Indonesia akan menjanjikan pengalaman yang berbeda saat belajar.

Bukan hanya menjajal demo virtual, Stockbit juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan trading atau investasi trading secara nyata. Diketahui, Stockbit telah membangun kerjasama bersama Sinarmas Sekuritas, karenanya jika pengguna tertarik untuk melakukan trading nyata, maka mereka harus mendaftarkan diri sebagai nasabah Sinarmas Sekuritas terlebih dahulu.

Di samping itu, aplikasi ini dipasangi dengan fitur unggul yang memungkinkan membernya untuk berdiskusi bersama investor atau trader lain terkait dengan info-info terbaru pasar saham. Menariknya lagi, pengguna diizinkan untuk melakukan chat pribadi bersama investor berpengalaman untuk analisa saham yang lebih intensif.

Sama halnya seperti RTI Business, aplikasi Stockbit juga mempresentasikan data-data laporan keuangan perusahaan dan jadwal aksi dari korporasi perusahaan dalam waktu nyata.

Kini, belajar trading saham bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja lewat aplikasi-aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dalam https://www.universalbroker.co.id/ untuk mendapatkan berbagai informasi terkini soal trading saham.

What's your reaction?
7COOL1WTF1LOVE0LOL