High risk high return, semakin banyak modal yang diinvestasikan seseorang atas suatu saham, maka akan semakin tinggi pula keuntungan yang bisa diperoleh. Sejalan dengan itu, resiko kerugian yang mungkin diderita juga akan tinggi. Pengetahuan soal investasi saham dan kemauan yang besar untuk terus belajar saham bersama universal broker, menjadi salah satu kunci sukses dalam ‘bermain’ saham.

Namun faktanya, meminimalisir resiko dari kegiatan investasi, terutama untuk produk riskan seperti saham, tidak sesimpel itu. Terlebih lagi, cukup banyak informasi di internet yang rancu dalam memberitakan informasi soal saham. Ini menyebabkan metode belajar dari internet tak bisa diandalkan sepenuhnya. Lalu bagaimana cara untuk belajar main saham yang efektif? Praktek seperti apa yang perlu dilakukan?

Strategi Belajar Saham Modal Kecil dan Minim Resiko

Berikut ini merupakan beberapa taktik dalam belajar saham dengan menggunakan modal kecil dan memiliki resiko yang minim.

  1. Pilih Sekuritas dengan Biaya Ringan dan Setoran Rendah

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh investor ialah membuka rekening efek melalui perusahaan sekuritas. Usahakan untuk memilih perusahaan yang memberikan keringanan biaya dan setoran yang rendah.

Besar nominal setoran awal sendiri, setidaknya pilihlah perusahaan sekuritas yang mengizinkan nasabahnya untuk memberikan setoran awal di bawah Rp 5 juta.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya transaksi yang diberikan perusahaan terkait. Ada baiknya untuk memilih sekuritas dengan biaya transaksi saham paling rendah diantara perusahaan sekuritas beken lainnya.

  1. Perusahaan Sekuritas Telah Terdaftar di BEI

Baik investor ataupun trader, wajib memastikan perusahaan sekuritas yang dipilihnya telah terdaftar di BEI. Hal tersebut bertujuan agar proses transaksi jual beli saham bisa berjalan lancar dan aman.

Ketika perusahaan sekuritas telah terjamin dan diawasi secara resmi di mata hukum, resiko terjadinya kegagalan investasi menjadi semakin kecil.

Salah satu perusahaan sekuritas populer yang aman untuk digunakan adalah Universal Broker. Sebagai pelopor berinvestasi mudah dengan rendah komisi, Universal broker menawarkan beberapa produk investasi unggulan seperti perdagangan saham, IPO, dan ETF sesuai dengan preferensi pribadi investor.

Atau bisa juga dengan mengikuti rekomendasi pilihan Portofolio Cerdas EzyIvest dan Perdagangan Derivatif sebagai media hedging untuk melindungi kegiatan investasi Anda atas resiko eksposur resiko pasar.

  1. Sering Riset Rekam Jejak Perusahaan Sekuritas Pilihan

Setelah memeriksa keanggotaan perusahaan di BEI, jangan lupa untuk melakukan pengecekan ganda melalui riset track record perusahaan. Reputasi yang baik menjadi hal paling utama yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan sekuritas.

Tak hanya soal legalitas, tapi juga berkaitan dengan kinerjanya dalam mengatur saham yang dimilikinya. Ini penting bagi Anda yang hendak memulai kiprah di dunia saham namun dengan modal kecil.

Pastikan untuk tidak bergabung pada saham perusahaan yang nilainya terlalu fluktuatif, pasalnya jenis saham seperti sangatlah beresiko dan gampang dimanipulasi oleh pihak investor bermodal besar.

  1. Mulai Investasi pada Satu atau Dua Perusahaan

Terdapat banyak sekali perusahaan yang menawarkan saham dengan nominal cukup munah. Bahkan instansi kawakan sekelas Smartfren dan MNC menawarkan produk sahamnya dengan harga di bawah Rp 1.000 per lembarnya.

Walau begitu, ketika bertaruh saham dalam modal yang kecil, usahakan untuk mengalokasikan uang yang dimiliki pada 1 atau 2 perusahaan lebih dulu. Langkah ini akan membantu Anda memperkecil resiko kegagalan dan merugi.

Disamping itu, pilihlah perusahaan publik yang brandingnya cukup bagus di masyarakat. Sebab, perusahaan-perusahaan tersebut umumnya memiliki nilai saham yang cenderung stabil dan menguntungkan.

  1. Pahami Indeks Saham yang Tepat

Untuk beberapa orang, istilah indeks saham mungkin cukup asing di telinga. Akan tetapi, bagi investor yang ingin main saham, wajib hukumnya untuk memahami dengan baik apa itu indeks saham.

Indeks saham sendiri merupakan portofolio imajiner yang berguna mengukur perubahan harga atas suatu pasar atau sebagian kecil dari pasar tersebut. Apabila indeks saham meningkat, artinya kebanyakan saham harganya meningkat. Sementara bila indeks saham turun maka konstituen indeks sebagian besar saham bergerak menurun.

Sebagai pemula, disarankan untuk bergabung pada indeks IDX30 atau LQ45. Mengingat kedua indeks ini terdiri dari beberapa perusahaan dengan likuiditas tinggi dan kapasitas pasar yang besar, juga didukung oleh fundamental yang baik.

  1. Gunakan Bantuan Aplikasi Trading Saham

Jika masih ragu atau merasa takut untuk bertahan dalam dunia paling rentan, Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi-aplikasi trading saham yang bisa diperoleh secara gratis lewat Play Store atau Appstore. Melalui aplikasi bantuan ini, Anda dapat trading online dimanapun dan kapanpun Anda menginginkannya.

Adapun beberapa aplikasi pendukung trading saham ialah:

  • RTI Business

RTI Business menyajikan data terbaru soal pasar dari Bursa Efek Indonesia dalam waktu nyata. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur yang tergolong lengkap sehingga banyak dianjurkan oleh para trader handal kelas nasional.

Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini ialah analisis fundamental yang tepat serta memperlihatkan detail transaksi saham pada hari yang sama.

Dilengkapi pula dengan fitur Calendar yang berisi beragam informasi soal kegiatan korporasi perusahaan. Misal saja informasi deviden, right issue, RUPS, IPO, dan ragam pergerakan lainnya.

  • Stockbit

Sebagai bentuk kerjasama antara Stockbit dan Sinarmas, bagi siapapun nasabah yang ingin menggunakan bantuan Stockbit harus mendaftarkan dirinya sebagai nasabah dari perusahaan sekuritas Sinarmas.

Menyediakan fitur diskusi, penggunanya bisa dengan bebas saling berinteraksi dan memberi kritikan sekaligus saran antar pengguna lainnya. Melalui fitur ini, penggunanya bisa dengan bebas bertukar pengalaman menarik selama mereka menjadi trader ataupun investor. Tentu hal ini sangat baik untuk para pemula yang sedang belajar saham.

Tersedia pula demo gratis untuk melatih keterampilan Anda dalam bermain saham. Tak dibuat asal, demo ini telah disesuaikan dengan kondisi asli di dunia saham.

  • IpotUltima – Indopremier

Keunggulan dari IpotUltima – Indopremier ialah biaya minimum deposit yang sangat ringan. Dan bahkan tidak memiliki batas minimal angka.

Investor bisa selalu membuka rekening saham bila modal yang dikantonginya setara atau melebihi nilai dari bentuk investasi yang hendak dibeli.

  • Most Mobile – Mandiri Sekuritas

Aplikasi ini masuk dalam daftar plat merah. Yakni sebuah perusahaan yang dikelolah secara langsung oleh pihak BUMN. Aplikasi ini sengaja diciptakan sebagai layanan khusus untuk mendukung transaksi trading saham.

  1. Simak Pergerakan Ekonomi Dalam dan Luar Negeri

Jangan lupa untuk selalu mengamati pergerakan ekonomi skala nasional dan internasional. Dengan metode ini, Anda bisa memahami situasi pasar saham saat itu dan memprediksikan pergerakan saham yang dimiliki.

Apabila kondisi pasar sedang normal, Anda dapat mengalokasikan sisa modal yang dimiliki pada saham baru. Akan tetapi, jika kondisi pasar sedang buruk, tundalah transaksi jual beli saham itu.

Itulah beberapa strategi yang bisa digunakan saat investor atau trader sedang belajar saham. Cukup mudah untuk diterapkan bukan?

What's your reaction?
0COOL0WTF0LOVE0LOL