Cara Investasi saham sebenarnya tidak sulit, hanya saja dibutuhkan ketelitian serta keberanian untuk melakukannya. Oleh karena itu, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih sekuritas atau broker. Dalam investasi saham, sekuritas menjadi penghubung antara Anda dengan berbagai perusahaan yang ada di Bursa efek.

Menentukannya sangat penting karena, banyak perusahaan mengatasnamakan broker tetapi, mereka adalah penipu. Sebelum menjalankannya, setiap investor diwajibkan untuk melakukan top up sejumlah dana. Uang tersebut akan digunakan untuk melakukan transaksi pembelian. RekeningĀ  yang diberikan sangat berguna untuk menyimpan keuntungan.

Pilih sekuritas yang sudah terkenal mempunyai perjalanan yang bagus. Mudah dalam pelaporan dan penarikan dana. Jangan pernah percaya dengan broker yang baru saja berdiri dan belum punya pengalaman. Walaupun, dalam testimoni mereka mempunyai ulasan paling baik hingga membanggakan.

Cara Investasi Saham

Cara selanjutnya adalah hati-hati, jangan terlalu latah bila sudah meraih keuntungan. Sebagai contoh, dalam perdagangan awal, hanya membeli 1 lot saja. Kemudian, mendapatkan keuntungan hanya Rp50,- dan hal tersebut terjadi hampir tiga sampai empat kali. Usahakan, untuk transaksi kelima jangan sampai menaikkannya beberapa kali lipat.

Perlu diingat, dalam perjalanan saham setiap menitnya sangat berpengaruh. Bisa saja, saat Anda menaikkan nilai tersebut, risiko muncul sehingga, imbal yang selalu didapatkan akan berbalik menjadi kerugian. Oleh karena itu, bila Anda ingin menaikkan keuntungan, disarankan untuk menambahnya perlahan saja.

Setidaknya, menaikkan keuntungan tersebut maksimal 5%. Tetapi, harus diperhatikan pula pergerakan saham. Agar saat mencapai risiko jatuhnya tidak terlalu dalam. Usahakan untuk membeli saham dengan keuangannya baik. Sehingga, kemungkinan turun hingga kerugian bisa diminimalkan.

Pilih Investasi Jangka Panjang

Tahap selanjutnya adalah memilih investasi jangka panjang. Kondisi ini lebih menguntungkan bagi Anda. Konsepnya sebenarnya hampir mirip bagaimana manfaat dari menabung. Bukan untuk keuntungan sekarang tetapi, diambil setidaknya 10 sampai 20 tahun kedepan. Dalam tabungan bunga akan bertambah sesuai dengan nilainya.

Tetapi, dalam investasi saham, saat Anda membelinya sekarang pergerakannya akan menjulang tinggi bila dijual setidaknya 10 tahun lalu. Karena, hampir setiap tahun harganya akan bertambah, walaupun terjadi fluktuatif naik dan turun. Namun, pada dasarnya angkanya tetap naik.

Jadi, keuntungan yang didapatkan cukup besar. Bahkan, saat Anda memilih investasi yang tepat, bisa saja mendapatkan keuntungan mencapai 100% bahkan lebih. Sebelum, mengetahui mana investasi jangka panjang tidak ada salahnya lakukan dulu sedikit riset kecil. Mulai dari pergerakannya yang bisa dipantau dalam beberapa hari terakhir.

Pilih Sektor yang Menguntungkan

Dalam investasi saham ada berbagai macam perusahaan tersedia di berbagai macam sektor. Pilihlah yang mendatangkan keuntungan. Perlu diingat, investasi ini berupa saham atau sertifikat perusahaan. Bukan barang atau jasa, seperti dalam sektor pertambangan yaitu batu bara dan emas.

Jadi, lihat dulu bagaimana perkembangan dari perusahaan tersebut. Tidak heran banyak investor pemula memilih saham dari perbankan atau consumer goods. Hampir semua bank mempunyai nasabah yang setia dan selalu memberikan dananya untuk ditabung. Hal ini membuat perusahaan tersebut akan berlangsung lama dan terhindar dari kerugian.

Begitu pula dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang consumer goods. Konsumen selalu membutuhkan perusahaan seperti ini karena, pengadaan dan produksi barang bisa membukukan laba. Karena, saat harga naik, beban dari kenaikannya akan dibebankan kepada konsumen, sehingga keadaannya stabil.

Bagi Anda yang mencari broker berkualitas, tidak ada salahnya melakukan investasi di Universal broker. Untuk investor pemula sekuritas ini lebih terpercaya karena memiliki berbagai alat serta kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap nasabah. Selain itu niche market disesuaikan dengan keahlian nasabah, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

What's your reaction?
0COOL0WTF0LOVE0LOL