Investasi saham akhir-akhir ini memang menjadi tren tersendiri di masyarakat terutama para pemuda yang tertantang untuk mencoba hal baru untuk menghasilkan uang. Investasi saham saat ini begitu mudah untuk dilakukan, bahkan hanya dengan duduk dirumah anda bisa melakukannya. Anda hanya perlu menemukan perusahaan broker profesional yang membantu anda berinvestasi dengan tepat. Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana sih cara bermain saham online dengan mudah dan tepat? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Bermain Saham Online Gampang

Berikut beberapa cara bermain saham online:

  1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Cara bermain saham online pertama yang harus anda lakukan adalah memilih perusahaan sekuritas atau broker saham yang tepat. Pastikan perusahaan sekuritas yang anda pilih telah terdaftar dan merupakan anggota resmi di Bursa Efek Indonesia. Karena disini anda akan bermain saham online, pilihlah broker yang memiliki aplikasi saham online untuk memudahkan anda melakukan transaksi.

  1. Membuka Rekening Saham

Pembukaan rekening ini merupakan hal wajib yang harus anda lakukan, karena semua transaksi jual beli saham akan menggunakan rekening ini. Hal ini biasanya difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Broker biasanya memiliki fasilitas pembukaan rekening secara online dengan mengisi formulir dan mengirim berkas secara online.

  1. Membuka Rekening Dana Nasabah (RDN)

Setelah anda membuka rekening saham, anda juga harus membuka rekening dana nasabah. RDN merupakan rekening bank khusus yang digunakan untuk menyimpan dana untuk transaksi jual beli saham.

  1. Menyetorkan Dana

Setelah RDN selesai dibuat, anda harus mengisinya dengan dana yang akan anda gunakan untuk bermain saham. Jumlah setoran dananya bisa anda sesuaikan dengan jumlah transaksi yang akan anda lakukan. Penyetoran bisa dilakukan melalui setoran tunai, ATM, Internet Banking dan Mobile banking.

  1. Membeli Saham

Setelah itu anda bisa langsung melakukan pembelian saham online. Bukalah aplikasi saham online anda lalu ikuti langkah-langkahnya. Setiap aplikasi biasanya punya tutorial penggunaannya. carilah saham yang profitable untuk anda. Jika pembelian berhasil, anda dapat melihatnya di halaman portofolio yang menunjukkan daftar saham yang telah anda beli.

  1. Melakukan Penjualan Saham

Ingin menjual saham yang anda miliki? Anda juga bisa menjualnya di aplikasi saham online anda. Jika ingin cepat terjual namun dengan harga standar, anda bisa memasang harga standar tertinggi pasar untuk saham anda. Namun jika mau lebih sabar,anda bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi.

  1. Settlement Transaksi

Settlement transaksi atau penyelesaian transaksi jual beli saham dapat dilakukan selama T+2 atau kurang lebih sama dengan 2 hari setelah transaksi dilakukan.

  1. Pembayaran Fee Transaksi

Jangan lupa untuk melakukan pembayaran fee untuk perusahaan sekuritas yang anda gunakan jasanya. Fee dari masing-masing perusahaan sekuritas berbeda, jadi saat memilih broker, perhatikan juga harga fee nya.

  1. Melakukan Analisa Fundamental

Analisa fundamental berfungsi untuk membantu anda memutuskan untuk membeli atau menjual saham yang anda miliki. Analisa fundamental dihitung menggunakan data laporan keuangan perusahaan. Data tersebut akan digunakan untuk menghitung harga wajar dari saham periode tersebut. Tapi sebenarnya anda tidak perlu khawatir, biasanya aplikasi saham online sudah menyediakan data laporan keuangan serta analisis fundamentalnya. Anda hanya perlu membaca analisisnya tanpa mengumpulkan dan menghitungnya secara manual. Namun sebaiknya anda tetap memiliki pengetahuan umum mengenai saham agar tidak salah dalam mengambil keputusan saat bermain saham.

  1. Mendiversifikasi Saham untuk Mengelola Risiko

Melakukan diversifikasi saham adalah salah satu strategi pengelolaan resiko investasi. Melakukan diversifikasi saham artinya anda harus membagi portofolio saham anda menjadi dua atau lebih saham atau jenis instrumen investasi yang lainnya. Tujuan dari diversifikasi adalah jika satu saham perusahaan A sedang menurun, anda bisa mengandalkan investasi saham di perusahaan lainnya untuk bertahan.

Demikian artikel lengkap mengenai cara bermain saham online yang mudah dan tepat. Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda untuk aktif berinvestasi. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi!

What's your reaction?
0COOL0WTF0LOVE0LOL