Tips menabung untuk pelajar kini banyak disosialisakan kepada para siswa mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Cara menabung unik pun banyak diajarkan oleh orang tua supaya anak mereka gemar menabung dan belajar berhemat sehingga mereka bisa membeli sendiri barang yang mereka sukai dengan uang hasil tabungan sendiri. Adapun beberapa tips menabung untuk pelajar di masa pandemi ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Tujuan dari Menabung

Tips menabung untuk pelajar yang bisa dilakukan sebelum menabung, sebaiknya tentukan tujuan dari menabung terlebih dahulu, seperti apakah ingin membiayai sekolah, membeli handphone, membeli sepatu, atau lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih semangat lagi untuk menabung dengan rutin walaupun sedikit demi sedikit. Anda juga tidak akan tergoda untuk menggunakan uang tabungan Anda untuk hal lainnya.

  1. Coba Sisihkan Sedikit Uang Jajan untuk Menabung

Sedari kecil, sebaiknya ajari anak Anda untuk mau hidup hemat dan menyisihkan sebagian uang jajannya. Uang jajan yang nominalnya kecil, namun terkadang bila ditabung secara teratur maka lambat laun hasilnya akan semakin banyak.

  1. Ajari Anak Anda untuk Menabung dengan Uang Receh

Jangan menyepelekan uang jajan yang hanya recehan dengan nominal, seperti Rp 500, Rp 1.000, Rp 2.000, maupun Rp 5.000. Jika Anda pintar berhemat, maka Anda tidak perlu keseringan jajan atau menyisihkan uang jajan Anda, meskipun itu hanya Rp 1.000 atau Rp 2.000 per harinya. Bila Anda bisa menabung secara teratur dan setiap hari, maka dalam beberapa bulan kemudian bisa dipastikan bahwa uang tabungan Anda akan bertambah banyak.

  1. Berikan Celengan yang Unik dan Menarik

Untuk memotivasi si kecil dalam menabung, sebaiknya Anda belikan atau beri ia kebebasan untuk memilih jenis celengan menarik yang ia sukai. Anda juga bisa mengajari anak Anda untuk berkereasi membuat kerajinan celengan. Dengan begitu, ia pasti akan lebih semangat lagi untuk menabung secara rutin.

  1. Coba Menitipkan Uang Tabungan Anak kepada Orang Lain

Bukan hanya anak kecil saja, melainkan anak remaja hingga orang dewasa sering kali tergoda untuk menggunakan uang tabungan mereka ketika melihat benda atau barang yang mereka sukai. Untuk hal ini, Anda bisa meminta bantuan orang lain, seperti orang tua, kakak, nenek, kakek, atau lainnya supaya mau menyimpan tabungan milik Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengendalikan keinginanan Anda untuk membeli barang yang sebetulnya tidak terlalu penting.

  1. Pikirkan Ulang sebelum Membelanjakan Uang

Tips menabung untuk pelajar berikutnya adalah semestinya Anda sebagai pelajar memikirkan ulang sebelum memakai uang tabungan. Anda harus bisa berpikir mana kebutuhan utama dan mana saja kebutuhan yang tidak terlalu penting. Dengan begitu, uang tabungan Anda akan benar-benar digunakan sesuai dengan kebutuhan ataupun dana darurat.

Silahkan Anda ikuti beberapa tips menabung untuk pelajar. Ayo, terus semangati anak Anda supaya mau rajin menabung, meskipun itu dilakukan dengan menyisihkan uang jajan mereka sandiri. Karena sejak kecil diajari untuk menabung, maka niscaya saat mereka tumbuh menjadi anak besar sekalipun akan terbiasa untuk berhemat dan rajin menabung agar bisa membiayai kebutuhan mereka di masa depan.

Bagi Anda yang ingin belajar bisnis investasi, yuk coba saja ikuti Universal Broker! Dengan keahlian selama bertahun-tahun menjadi broker investasi, maka Anda sebagai nasabahnya akan dipandu supaya mahir berinvestasi serta diberikan tips dan trik untuk memainkan modal yang Anda miliki di pasar saham agar mendapatkan untung yang banyak. Selamat berinvestasi bersama Universal Broker!

What's your reaction?
6COOL0WTF3LOVE0LOL