Anda seorang pemula di bidang investasi? Ingin memulai investasi namun masih ragu dengan cara bermain saham? Atau justru anda tidak memiliki modal untuk bermain saham? Maka sebaiknya anda mencoba cara bermain saham online gratis terlebih dahulu. Cara bermain saham ini cocok untuk anda yang masih ragu berinvestasi karena takut akan rugi dan risiko yang menyertainya. Nah, artikel berikut ini akan mengajarkan anda bagaimana cara bermain saham online gratis bagi pemula di bidang investasi. Check this out!

Cara Bermain Saham Online Gratis Tanpa Rugi

Mempelajari investasi saham mungkin bisa dengan mudah anda lakukan dengan membaca buku, jurnal atau artikel di internet. Namun pada dasarnya, praktik membeli dan menjual saham tidak sesederhana yang tertulis di buku loh. Itulah mengapa sebaiknya anda mempelajari cara bermain saham online gratis terlebih dahulu sebelum anda terjun langsung membeli saham dengan modal yang besar. Anda bisa melatih diri pada simulasi trading saham yang terdapat di internet.

Bermain Saham dengan Simulasi Trading

Seperti telah disebutkan diatas, salah satu cara bermain saham online dengan gratis adalah dengan membuka aplikasi atau website yang membuat simulasi trading saham. Saat ini, layanan website dan aplikasi simulasi trading banyak disediakan oleh perusahaan sekuritas di Indonesia untuk menarik lebih banyak investor baru. Aplikasi atau website ini memuat basis data real-time yang membuat anda seolah-olah benar-benar bermain saham. Anda juga akan diberikan uang virtual yang bisa anda jadikan modal bermain saham online gratis ini. Nantinya setelah anda paham, mahir dan mengerti cara kerja investasi saham, anda bisa langsung terjun untuk bermain saham di dunia nyata.

  1. Membuka Akun pada Simulasi Trading

Jika pada investasi saham real anda harus membuka rekening saham dan RDN (Rekening Dana Nasabah), maka pada simulasi tading ini anda hanya perlu membuat akun virtual saja. Caranya adalah yang pertama, download aplikasi simulasi trading atau kunjungi website penyedia simulasi trading. Kemudian buat akun virtual trading anda pada aplikasi atau website tersebut. Biasanya untuk membuat akun anda hanya perlu menuliskan nama lengkap dan alamat email saja. Jika akun anda sudah terverifikasi, anda akan mendapatkan uang virtual yang nantinya akan anda gunakan untuk latihan membeli saham. Jumlahnya bervariasi tergantung aplikasi atau website masing-masing.

Biasanya, anda akan diarahkan pada halaman tutorial penggunaan simulasi trading ini, pada beberapa aplikasi juga memberikan video yang menunjukkan langkah-langkah yang harus anda lakukan.

  1. Membeli Saham pada Simulasi Trading

Setelah uang virtual anda dapatkan, anda akan diarahkan pada halaman list perusahaan virtual yang bisa anda beli. Jangan lupa untuk memperhatikan grafik serta analisa fundamental dari saham-saham yang akan anda beli. Jangan sampai anda membeli saham yang mungkin merugikan anda di masa depan. Minimal pembelian saham pada aplikasi/website ini sama dengan dua real yaitu 1 lot (100 lembar saham). Jika sudah memilih, anda bisa langsung membelinya dan melihat isinya pada portofolio saham yang anda miliki.

  1. Menjual Saham pada Simulasi Trading

Selain membeli saham, anda juga bisa menjual saham pada aplikasi simulasi trading ini. Langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum menjual saham adalah dengan mengamati harga pasar yangs edang ebrlaku di aplikasi simulasi trading. Anda juga bisa memperhatikan portofolio saham milik anda, apakah grafiknya bagu atau tidak bagus untuk dipertahankan. Jika sudah yakin, anda bisa memilih sell untuk menjualnya dan jika anda mendapatkan capital gain, uang virtual anda akan ditambahkan.

Pada aplikasi atau website simulasi trading ini biasanya juga menyediakan laporan kinerja investasi anda. dari sana, anda bisa melihat apakah kemampuan anda sudah baik untuk melakukan investasi saham di dunia nyata.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara bermain saham online gratis yang mudah untuk anda para pemula bidang investasi yang masih takut menghadapi risiko. Semoga informasi diatas dapat membantu. Selamat mencoba dan selamat berinvestasi!

What's your reaction?
22COOL1WTF2LOVE2LOL