Dahulu banyak orang berpikir bahwa bermain saham adalah hal yang ribet, sulit dan membutuhkan modal yang besar. Memulai berinvestasi saham juga dinilai tampak seperti hal berat yang menyeramkan, padahal cara membeli saham sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya harus mengikuti cara bermain saham untuk pemula berikut ini. Check this out!

Cara Bermain Saham bagi Pemula

Sebelum anda memasuki cara bermain saham bagi pemula, sebaiknya anda perlu tahu terlebih dahulu mengenai saham. Saham merupakan tanda atau surat bukti penyertaan modal dari satu orang atau badan kepada perusahaan atau perseroan terbatas untuk mendapatkan keuntungan berupa capital gain atau dividen. Capital gain adalah selisih antara harga wajar dan harga jual saham yang akan anda dapatkan jika anda menjual saham yang anda miliki dan mendapatkan laba. Sedangkan dividen adalah imbal hasil yang didapatkan pemilik perusahaan (investor) dari pembagian laba perusahaan sesuai dengan persen saham yang dimilikinya. Dividen dibagikan setahun sekali sesuai dengan hasil rapat umum pemegang saham yang disepakati.

Setelah mengenal apa itu saham, sekarang anda akan menuju ke cara bermain saham untuk pemula.

  1. Memahami Ilmu Dasar Saham

Memahami apa itu saham, syarat-syarat pembelian, keuntungan yang akan didapat dan risiko yang menyertainya merupakan langkah awal yang paling penting untuk anda lakukan ketika bermain saham. Jika anda belum paham, nantinya anda bisa salah langkah saat berinvestasi. Sebab dalam saham, terdapat konsep high risk hig return. Maksudnya adalah, semakin besar keuntungan yang akan anda dapat maka risiko yang akan anda hadapi juga semakin besar. Anda bisa mempelajari cara bermain saham untuk pemula pada aplikasi simulasi trading yang banyak disediakan oleh perusahaan sekuritas.

  1. Memilih Broker

Cara bermain saham untuk pemula yang selanjutnya adalah anda harus memilih perusahaan broker atau sekuritas saham yang tepat. Anda harus memastikan dulu apakah perusahaan broker yang anda pilih telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pilihlah broker yang memiliki aplikasi trading agar memudahkan anda bermain saham.. Perusahaan sekuritas atau broker ini akan membantu anda untuk membuka rekening saham, membuka rekening dana nasabah hingga melakukan transaksi saham sampai akhir.

  1. Memilih Saham yang Akan Dibeli

Sebelum membeli saham, anda harus memilih terlebih dahulu saham apa yang ingin anda beli. Anda bisa memilih jenis saham yang anda mau terlebih dahulu kemudian memilih perusahaan yang akan anda beli. Selain mempertimbangkan keuntungan dari saham, anda sebaiknya memilih saham dengan risiko yang paling rendah. Jangan lupa untuk mempertimbangkan strategi diversifikasi saham agar risiko anda terbagi dan tidak mengalami rugi besar ketika situasi tidak diinginkan terjadi.

  1. Transaksi Pembelian Saham

Sesudah memilih saham yang ingin anda beli, saatnya melakukan transaksi pembelian saham. Anda bisa melakukannya pada aplikasi trading saham online yang dimiliki perusahaan sekuritas tempat anda mendaftar. Biasanya dalam aplikasi tersebut telah terdapat langkah yang harus anda lakukan, sampai informasi-informasi penting yang akan membantu anda seperti informasi pergerakan saham, informasi perusahaan dan masih banyak lainnya. Atau jika perusahaan sekuritas tidak memiliki aplikasinya, anda bisa mendatangi kantor perusahaan sekuritas tersebut.

  1. Rajin Memantau Keadaan Pasar

Setelah semuanya beres, anda hanya perlu berdiam dan memantau keadaan pasar. Keadaan pasar biasanya dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, sosial dan masih banyak faktor lainnya. Anda harus cermat untuk melihat naik turunnya harga saham di pasar agar anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk menjual kembali saham anda, membeli lagi untuk menambahkan persentase kepemilikan atau menyimpan saham anda tanpa melakukan tindakan apapun.

Demikian tutorial lengkap mengenai cara bermain saham untuk pemula. Semoga artikel diatas bisa menjelaskan secara rinci tentang cara bermain saham. Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi!

What's your reaction?
21COOL5WTF3LOVE4LOL