Investasi saham akhir-akhir ini semakin digandrungi masyarakat terutama kalangan milenial perkotaan. Hal tersebut tidak lepas dari semakin tingginya kesadaran akan pentingnya investasi terutama di saat pandemi seperti sekarang ini. Namun, sayangnya belum banyak kalangan milenial yang tahu bagaimana belajar saham untuk pemula dengan benar. Oleh karena itu, masih banyak masyarakat yang menilai jika belajar saham itu sangat sulit dan merepotkan.

Dengan semakin mudahnya akses terhadap informasi terutama dari internet, kalian bisa dengan mudah menggunakannya sebagai bahan belajar investasi. Namun, belajar teori dari buku saja belum cukup. Kalian harus memiliki tips agar bisa memaksimalkan waktu kalian untuk belajar lebih efektif. Berikut beberapa langkah mudah untuk mulai belajar saham.

  1.  Memilih perusahaan sekuritas yang cocok

Langkah awal belajar saham adalah dengan memilih perusahaan sekuritas yang dinilai cocok dengan kalian. Selanjutnya kalian bisa membuka akun untuk mulai berinvestasi. Jangan lupa untuk mempelajari tampilan online trading broker agar kalian bisa memahami cara kerjanya.

Hal tersebut nantinya akan sangat berguna untuk menganalisa pergerakan saham. Biasanya, di online trading broker telah disediakan berbagai trading tools gratisan yang bisa digunakan dengan mudah. Selain itu ada berbagai penelitian yang bisa kalian gunakan khusus untuk nasabah aktif.

  1.  Rajin membaca informasi seputar investasi saham

Dunia investasi merupakan bidang yang cukup sensitif terhadap berbagai isu seperti isu politik dan ekonomi, baik yang terjadi di dalam negeri maupun global. Oleh sebab itu, kalian harus rajin membaca berita seputar kedua bidang tersebut.

Meskipun begitu, kalian juga sebaiknya tidak melupakan dasar-dasar investasi begitu saja. Hal ini sangat penting untuk membuat pemahaman kalian semakin mendalam. Oleh karena itu, perbanyaklah membaca buku soal investasi dan artikel-artikel seputar investasi yang bisa kalian temukan dengan mudah di internet.

  1. Temukan mentor yang tepat

Jika kalian merasa pengalaman kalian masih kurang maka tidak ada salahnya jika kalian mencari mentor yang bisa mengajarkan kalian tentang dunia investasi. Namun, sebaiknya kalian cari mentor yang sudah berpengalaman serta sangat paham soal analisa teknikal saham serta analisa fundamental.

  1. Selalu siap membaca dan mengikuti pasar

Pasar atau market selalu berkembang setiap saat. Oleh sebab itu, agar kalian tidak ketinggalan informasi sebaiknya kalian selalu update kondisi pasar saham setiap saat baik itu melalui media cetak maupun media elektronik. meskipun sebenarnya perusahaan sekuritas juga menyediakan update tapi tidak ada salahnya jika kalian mencari informasi lebih banyak agar bisa membantu analisis fundamental saham yang kalian incar.

  1. Bergabung dengan komunitas investasi

Tips belajar saham untuk pemula yang selanjutnya yaitu, bergabung dengan komunitas investasi. Saat ini di kota-kota besar komunitas investasi semakin banyak bermunculan baik secara offline maupun online. Bergabung dengan komunitas tentu saja akan memberikan berbagai keuntungan bagi kalian. Hal tersebut dikarenakan kalian bisa mendapatkan berbagai saran dan masukan dari orang yang lebih berpengalaman.

Selain itu, kalian bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar dunia investasi. Bahkan, ada juga berbagai kegiatan  seperti seminar atau kelas-kelas investasi yang sengaja diadakan untuk menambah pengetahuan seputar dunia investasi terutama saham dari para ahli. Oleh karena itu, bergabung dengan komunitas sangat disarankan untuk bisa mengembangkan relasi kalian.

Mengingat investasi sangat penting terutama di saat kondisi ekonomi tidak menentu seperti sekarang ini. Maka kalian harus jeli dalam memilih perusahaan sekuritas atau broker yang jelas terpercaya. Salah satunya adalah Universal Broker yang merupakan salah satu dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek serta Otoritas Jasa Keuangan sehingga asset kalian akan terjamin keamanannya.

Selain terdaftar secara resmi, Universal Broker juga memiliki layanan unggulan yang cocok bagi para investor pemula. Layanan tersebut merupakan layanan investasi modern yang memungkinkan kalian berinvestasi saham dengan modal sekitar Rp 100 saja namun dengan keuntungan yang menarik. Bagaimana? Dimana lagi kalian bisa berinvestasi modal minim tanpa perlu repot-repot mengurus investasi seorang diri?

What's your reaction?
1COOL0WTF0LOVE0LOL