Mata uang suatu negara berfungsi sebagai alat transaksi sah yang digunakan oleh penduduk negaranya. Setiap negara memiliki nilai valuta yang berbeda, hal ini membuat kekuatan mata uang negara berbeda-beda. Mata uang suatu negara dapat berpengaruh pada nilai saham loh. Bisa berpengaruh baik maupun berpengaruh buruk. Namun hal pertama yang harus anda pikirkan ketika memulai investasi saham bukanlah mata uang negara asean,  tetapi menemukan partner investasi yang tepat. Universal Broker sebagai perusahaan sekuritas professional, dapat membantu anda mengelola dana untuk saham secara efektif dan dengan harga yang ramah di kantong.

Kembali ke mata uang , terdapat banyak faktor yang bisa menentukan kekuatan mata uang negara seperti kondisi ekonomi, kondisi politik, neraca perdagangan, suku bunga dan masih banyak lagi.  Sedangkan untuk mengukur kekuatan mata uang, biasanya para ahli menunjukkannya dari nilai tukar mata uang tersebut.

Hingga artikel ini ditulis, Euro dan dollar AS menjadi mata uang yang paling kuat di dunia. Mengapa bisa begitu? Para pakar menyatakan faktor utamanya adalah perekonomian dari negara asal mata uang tersebut sangat stabil dari berbagai aktivitas bisnis. Dua mata uang tersebut bahkan banyak menjadi mata uang resmi negara lain yang belum memiliki mata uang sendiri. Keduanya juga kerap dijadikan acuan perekonomian global secara umum.

Namun apakah dengan begitu mata uang negara asean menjadi tidak berarti? Oh tentu tidak. Mata uang negara asean termasuk mata uang Indonesia, Rupiah tetap harus diperhitungkan. Diantara negara asean, Indonesia merupakan negara yang terbesar jadi ekonominya juga berkembang paling besar dan patut dipertimbangkan. Bahkan pada pertengahan tahun 2020 ini, Rupiah berhasil menempati peringkat atas dari daftar mata uang dengan performa yang bagus.

Asean merupakan persatuan negara-negara di Asia Tenggara. Berikut akan disajikan semua mata uang negara asean beserta nilai tukarnya terhadap US dollar. Daftar ini diambil Google pada tanggal 05 Desember 2020.

Mata Uang Negara Asean dan Nilai Tukarnya terhadap US Dollar

  1. Singapura

Mata uang negara asean yang pertama adalah Singapore Dollar atau SGD. Saat ini, kurs SGD terhadap USD adalah 0,75. Jadi, setiap 1 SGD bernilai 0,75 USD.

  1. Indonesia

Selanjutnya ada mata uang negara Indonesia yaitu Rupiah. Saat ini, nilai tukar rupiah 1 USD adalah Rp 14.147, 35.

  1. Vietnam

Mata uang negara Vietnam adalah Dong. Setiap 1 USD akan bernilai 23.131 Dong Vietnam. Sebenarnya, negara Vietnam juga menerima pembayaran dalam bentuk USD. Banyak toko-toko besar, hotel dan pusat perbelanjaan yang bisa melakukan pembayaran USD. Tindakan ini tentu sudah mendapat restu dari pemerintah Vietnam.

  1. Myanmar

Myanmar juga menerima pembayaran menggunakan US Dollar pada beberapa sektor industri seperti hotel, pariwisata & resorts. Saat ini, nilai tukar setiap 1 USD adalah 1.323,02 Kyat. Kyat merupakan salah satu mata uang negara asean yaitu Myanmar.

  1. Laos

Laos menggunakan Kip Laos sebagai mata uang negaranya secara sah. Namun sama seperti Vietnam dan Myanmar, Laos juga menerima mata uang lain ketika bertransaksi. Saat artikel ini ditulis, 1 USD bernial 9.285 Kip Laos.

  1. Kamboja

Mata uang negara Kamboja adalah Riel. Saat ini, kurs Riel terhadap US Dollar adalah 0,00025. Artinya setiap 1 Riel Kamboja bernilai 0,00025 atau lebih jelasnya, setiap 1 USD adalah 4.055 Riel Kamboja.

  1. Malaysia

Ringgit Malaysia tentu sudah tidak asing lagi ditelinga anda. setiap 1 USD adalah 4,06 RM. Nilai ini sudah menurun dibandingkan awal bulan November 2020 yang mencapai 4,15 RM per 1 USD.

  1. Brunei Darussalam

Brunei Darussalam juga memiliki mata uang bernama Dolar loh, Dolar Brunei atau biasa disingkat dengan BND. Saat ini, 1 USD bernilai 1,33 BND.

  1. Thailand

Baht merupakan mata uang negeri gajah putih, Thailand. Saat artikel ini ditulis, nilai per 1 USD adalah 30,22 Baht Thailand.

  1. Filipina

Mata uang negara asean yang terakhir ada negara Filipina yang memiliki Peso. Setiap 1 USD adalah 48,11. Pada 2 bulan terakhir, nilai dari Peso cukup stabil atas dolar yaitu diantara 48 Peso.

Hubungan Mata Uang Negara Asean terhadap Investasi Saham

Fluktuasi nilai tukar mata uang negara asean terhadap dolar AS memiliki pengaruh besar terhadap pergerakan saham. Jika di Indonesia, maka nilai tukar rupiah benar-benar berpengaruh terhadap harga saham di pasar modal. Mari ambil contoh dari kejadian krisis ekonomi pada tahun 1998. Saat itu nilai rupiah menyentuh angka Rp 15.000 per USD. Pasar saham menjadi terkoreksi hingga 50% karena para spekulan secara bersamaan melakukan short ata mata uang rupiah sehingga terjadi depresiasi.

Lantas apakah keadaan rupiah yang akhir-akhir ini hampir menyentuh Rp 15.000 per USD bisa menjadi penyebab pelemahan bursa saham?

Meskipun tampak sama, kondisi 22 tahun lalu tidak dapat dikorelasikan dengan kondisi di tahun 2020 yang rata rata rupiah mencapai 14.000 per USD. Kondisi perekonomian sudah jauh berbeda dan Indonesia bukan lagi negara lemah yang keadaan politiknya kacau. Saat ini Indonesia dapat dikatakan stabil baik secara politik maupun secara ekonomi.

Seperti telah dijelaskan diatas, nilai tukar rupiah merupakan salah satu indikator penting yang akan berpengaruh terhadap aktivitas di pasar saham. Mengapa? Karena jika nilai tukar rupiah turun, maka harga dari barang domestik akan cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga barang di luar negeri. Hal ini menyebabkan penduduk Indonesia lebih sedikit membeli barang impor dan orang luar (non domestik) akan membeli lebih banyak produk dalam negeri. Selanjutnya, tingkat ekspor akan lebih tinggi dan berakhir pada surplus penjualan.

Surplus penjualan pada neraca pembayaran akan menarik minat investor terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia. Para investor baik dalam maupun luar negeri akan tertarik berinvestasi di Indonesia. Dan sesuai dengan hukum permintaan penawaran, setiap permintaan naik maka penawaran naik. Maksudnya, jika banyak yang berminat membeli saham, anda harga sahamnya juga perlahan turut naik.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk nilai tukar rupiah saja, namun juga mata uang negara asean yang lainnya.

Nah untuk anda yang berminat untuk melakukan investasi saham, anda bisa memilih Universal Broker untuk menjadi partner perusahaan sekuritas. Universal Broker telah berpengalaman menghadapi berbagai situasi perekonomian termasuk naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Universal broker akan membuat anda meminimalisir kerugian saham dan memperluas jangkauan laba sebaik mungkin.

Demikian penjelasan lengkap mengenai Mata Uang Negara Asean serta kaitannya dengan saham. Ingat selalu untuk mempercayakan investasi saham anda pada Universal Broker, karena bagaimanapun keadaan mata uang negara asean, anda pasti akan diarahkan untuk mengambil keputusan investasi yang tepat dan efektif agar tidak merugi. Semoga informasi diatas dapat membantu. Selamat berinvestasi!

What's your reaction?
29COOL9WTF9LOVE6LOL