Berbicara mengenai trading, saham dan investasi, anda pasti tidak asing dengan yang namanya Broker. Perusahaan pialang atau broker adalah partner anda dalam berinvestasi. Sebagai calon investor, anda perlu tahu terlebih dahulu apa itu broker, apa tugas dan fungsinya serta tips-tips untuk memilih broker yang tepat. Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini.

Broker Adalah: Apa Itu Broker?

Perusahaan pialang adalah tempat untuk anda mendaftar rekening saham dan membeli saham di bursa efek dan broker adalah agen atau individu dalam perusahaan tersebut yang akan membantu anda. Broker akan menghubungkan anda sebagai investor dan pasar modal tempat anda bertransaksi.

Tugas Broker

Tugas utama broker adalah sebagai perantara bagi investor dengan pasar modal. Broker akan bertanggung jawab secara penuh saat anda memutuskan untuk melakukan transaksi investasi, baik penjualan maupun pembelian. Selain menjadi perantara ketika bertransaksi, broker juga bisa anda andalkan sebagai penasihat investor untuk keputusan investasi. Broker akan membuat rekomendasi-rekomendasi khusus bagi anda untuk memilih keputusan investasi yang tepat. Meskipun dapat merekomendasikan, broker tidak bisa mengambil keputusan ya, keputusan final transaksi saham tetap berada di tangan anda selaku investor.

Untuk alasan penting ini, anda tentu harus memilih broker yang tepat sebagai partner investasi anda.

Fungsi Broker

Jika semua keputusan transaksi investasi tetap berada di tangan investor? Mengapa kita memerlukan broker? Jawabannya adalah karena broker adalah orang profesional yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Apalagi jika anda akan melakukan transaksi yang bernilai tinggi dan beresiko, akan lebih baik jika anda menyerahkan kepada professional untuk membagi risiko.

Cara Memilih Broker yang Tepat

Sebagai tips, berikut beberapa cara memilih broker yang tepat:

  1. Pilih Broker dari Perusahaan Sekuritas yang Terdaftar

Hal paling penting untuk memilih broker adalah dengan mencari perusahaan sekuritas yang telah terdaftar di lembaga-lembaga terkait. Memilih broker yang tepat dan aman sangat penting untuk menghindari uang anda dibawa kabur oleh broker. Broker yang bagus dan terkenal biasanya terdaftar pada ICDX atau bursa berjangka yang mengatur pertukaran barang dan derivatif dan terdaftar pada BBJ atau lembaga yang mengatur pertukaran kontrak berjangka. Anda juga mengecek keamanan broker melalui lembaga Kliring Berjangka Indonesia atau KBBI. Jika broker sudah memiliki izin atau merupakan anggota dari KBI, maka broker bisa anda anggap aman.

  1. Pilih Broker dengan Layanan Lengkap

Setiap broker memiliki jenis pelayanan dan produk yang berbeda. Ada yang hanya melayani pembukaan rekening, perdagangan dalam negeri, perdagangan perusahaan luar negeri, melayani penutupan akun dan masih banyak lagi. Pilih broker dengan layanan lengkap yang anda butuhkan. Sebagai tips, utamakan untuk memilih broker yang memiliki aplikasi trading sendiri agar anda bisa memantau investasi anda kapanpun dan dimanapun.

  1. Carilah Beberapa Testimoni

Tips selanjutnya adalah memastikan broker tersebut terpercaya melalui testimoni dari pelanggan lain. Seringlah bertanya di media sosial atau bertanya pada komunitas mengenai broker yang ingin anda pilih. Jika memang testimoni yang diberikan bagus, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih broker tersebut. Namun sebaliknya, jika buruk sebaiknya anda tidak memilihnya untuk menghindari risiko broker bodong yang hanya berniat untuk menipu anda.

Demikian penjelasan lengkap mengenai broker. Meskipun broker adalah penghubung antara investor dan pasar modal, semua keputusan investasi akan tetap berada di tangan anda. semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat berinvestasi!

What's your reaction?
0COOL0WTF0LOVE0LOL