Investasi saham akhir-akhir ini telah menjadi pilihan investasi paling populer. Mengapa? Investasi saham dianggap sebagai investasi yang paling menguntungkan dan mudah dipelajari. Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah ingin memulai berinvestasi dan mulai mencari tahu cara membeli saham? Memulai investasi saham tidak serumit yang anda pikirkan kok. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah bagaimana cara membeli saham berikut ini. Check this out!

Cara Membeli Saham

  1. Memahami Saham

Karena anda adalah seorang pemula, mempelajari saham, syarat-syarat, keuntungan dan risiko yang menyertainya adalah hal wajib yang harus anda lakukan sebelum membeli saham. Anda bisa saja melewatkannya, namun jika di masa depan anda diminta untuk mengambil keputusan, anda akan bingung dan tidak mengerti. Jadi alangkah lebih baik jika anda mempelajarinya di awal sebelum mulai berinvestasi agar tidak rugi di kemudian hari. Dalam saham, terdapat konsep high risk hig return. Konsep ini harus anda pegang dari awal berinvestasi. Maksud dari konsep ini adalah, semakin besar risiko yang anda ambil untuk suatu investasi, maka keuntungan yang akan anda dapat juga semakin besar.

  1. Memilih Perusahaan Sekuritas

Selanjutnya, anda harus memilih perusahaan sekuritas yang tepat. Anda harus memilih perusahaan sekuritas (broker) yang merupakan anggota resmi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sebagai tambahan, lebih baik pilih broker yang sudah memiliki aplikasi saham online bawaan yang dapat memudahkan anda melakukan transaksi saham di kemudian hari. Fungsi dari perusahaan sekuritas atau broker ini adalah sebagai rekan bisnis yang akan membantu anda membuka rekening saham, membuka rekening dana nasabah hingga melakukan transaksi saham yang telah anda pilih.

  1. Menentukan Saham yang Akan Dibeli

Jika anda sudah memiliki rekening saham dan RDN, baru anda bisa melanjutkan untuk membeli saham. Sebelum membeli saham, tentunya anda harus menentukan terlebih dahulu saham apa yang ingin anda beli bukan? Anda bisa memilih jenis saham (apakah IPO atau dari pasar sekunder) , jenis industri perusahaan dan kemudian menentukan perusahaan yang akan anda beli sahamnya. Jika anda masih bingung, lakukan dulu analisa fundamental dan analisa teknikal untuk memilih saham. Anda juga bisa meminta pendapat dari manajer investasi di perusahaan sekuritas yang menaungi anda.

  1. Pembelian Saham

Jika anda sudah menentukan saham yang akan anda beli, saatnya melakukan pembelian saham di bursa efek. Jika perusahaan sekuritas anda menyediakan aplikasi online, anda bisa melakukannya pada aplikasi trading saham yang sudah disediakan. Langkahnya mudah kok, biasanya selalu ada tutorial dan arahan dalam aplikasi. Dalam aplikasi juga biasanya tersedia informasi-informasi penting yang akan membantu anda melakukan jual beli saham misalnya informasi pergerakan saham, informasi perusahaan dan masih banyak lainnya. Namun jika perusahaan sekuritas anda tidak menyediakan aplikasi, anda bisa melakukan transaksi pembelian saham di kantor perusahaan sekuritas dan akan diatur oleh manajer keuangan disana.

  1. Memantau Kondisi Pasar Saham

Setelah transaksi pembelian saham berhasil, anda bisa melanjutkan aktivitas dan memantau kondisi pasar saham terutama yang memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi harga saham yang anda miliki. Kondisi pasar saham biasanya dipengaruhi oleh kondisi ekonomi (terutama kondisi ekonomi pada sektor industri yang sama), kondisi politik nasional dan masih banyak faktor lagi. Terus pantau kondisi pasar saham agar anda bisa memutuskan untuk mempertahankan atau menjual kembali saham yang anda punya. Jika kondisi bagus dan anda memiliki dana, anda juga bisa membeli saham tambahan agar investasi anda semakin menguntungkan.

Demikian penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara membeli saham. Jika anda masih bingung memilih perusahaan sekuritas yang terbaik, anda bisa mengandalkan Universal Broker yang terbukti mampu menangani mitranya dalam berinvestasi dengan cara paling efektif dengan biaya yang ramah dikantong. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat. Selamat berinvestasi!

What's your reaction?
1COOL0WTF0LOVE0LOL