Universal Broker telah terbukti dapat menangani investasi saham anda untuk mendapatkan keuntungan terbaik. Nah sekarang, bagaimanakah cara membeli saham secara online dengan mudah dan tepat? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pemerintah akhir-akhir ini memang sedang menggalakkan masyarakat untuk giat berinvestasi. Salah satu investasi yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah investasi saham. Investasi saham saat ini begitu mudah untuk dilakukan, bahkan hanya dengan duduk dirumah anda bisa melakukannya. Anda hanya perlu menemukan perusahaan broker profesional yang membantu anda berinvestasi dengan tepat, misalnya saja Universal Broker.

Mengenal Investasi Saham

Sebelum anda tahu lebih jauh mengenai cara membeli saham secara online dengan mudah, sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu apa itu investasi saham. Saham merupakan suatu tanda atau surat bukti penyertaan modal dari perorangan atau badan usaha kepada perusahaan atau perseroan terbatas untuk mendapatkan keuntungan berupa dividen dan capital gain.

Dividen merupakan hasil yang didapatkan investor dari pembagian laba perusahaan sesuai dengan persen saham yang dimilikinya. Dividen biasanya dibagikan satu tahun sekali dalam Rapat Umum Pemegang Saham dengan syarat-syarat tertentu. Sedangkan capital gain merupakan selisih antara nilai beli dan nilai jual saham. Capital gain akan anda dapatkan ketika anda menjual saham yang anda miliki dengan harga yang lebih tinggi daripada saat anda membelinya.

Mengapa Investasi Saham?

Terdapat beberapa alasan mengapa anda harus memulai investasi saham. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Memberikan Imbal Hasil yang Tinggi

Banyak ahli mengatakan bahwa investasi saham imbal hasil nya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan investasi-investasi lainnya. Jika kondisi pasar memang sedang bagus, anda bahkan bisa mendapatkan imbal hasil 20% hingga 30% dalam setahun. Namun hal ini masih tergantung pada kecermatan anda dalam menilai pasar dan kondisi pasar saat anda membeli dan menjual saham.

  1. Modal Investasi Saham Cukup Kecil

Investasi saham relatif memerlukan modal kecil untuk di apply. Saat ini bahkan hanya dengan Rp 100.000 saja, anda bisa membeli saham. Tidak hanya itu, banyak kemudahan lain yang ditawarkan untuk membeli saham seperti pembelian saham secara kredit atau mencicil.

  1. Proses Transaksi Saham Mudah

Transaksi investasi saham juga lebih mudah dan simple dibandingkan dengan investasi lain yang membutuhkan banyak dokumen dan perjanjian. Investasi saham bisa dilakukan secara online dari manapun anda berada.

  1. Investasi Saham Sangat Aman

Investasi sektor pasar modal sudah berada dalam pengawasan otoritas jasa keuangan sehingga sudah dipastikan sah dan legal di mata hukum. Anda hanya perlu menemukan broker yang tepat dan terdaftar resmi untuk menangani investasi anda seperti Universal Broker.

  1. Pajak yang Relatif Kecil

Pajak dari saham juga tidak terlalu besar yaitu hanya sebesar 0,1% dari nilai penjualan saham. Jika anda mendapatkan dividen, pajak yang akan dikenakan untuk anda juga hanya sebesar 10% dan langsung terpotong saat anda menerimanya.

Cara Melakukan Investasi Saham Online

Berikut beberapa cara membeli saham atau investasi saham online:

  1. Pilih Broker Saham

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih perusahaan broker saham yang tepat. Pastikan perusahaan broker yang anda pilih telah terdaftar dan merupakan anggota resmi di BEI. Karena disini anda akan melakukan transaksi investasi saham online, pilihlah broker yang memiliki aplikasi saham online untuk memudahkan anda melakukan transaksi. Universal Broker merupakan salah satu perusahaan sekuritas atau broker profesional yang dapat anda percaya untuk mengurus investasi saham anda.

  1. Buka Rekening Saham

Pembukaan rekening ini merupakan hal wajib yang harus anda lakukan, karena segala transaksi untuk pembelian dan penjualan saham akan menggunakan rekening ini. Hal ini biasanya difasilitasi oleh broker. broker biasanya akan memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online dengan mengisi formulir san mengirim berkas secara online.

  1. Membuka Rekening Dana Nasabah

Selain membuka rekening saham, anda juga harus membuka rekening dana nasabah. RDN merupakan rekening khusus yang dibuat oleh pihak bank yang dikhususkan untuk menyimpan dana untuk transaksi saham jual beli saham. Jika anda sudah membuka rekening saham namun belum membuka RDN, transaksi saham tetap belum bisa dilakukan.

  1. Menyetorkan Modal

Setelah RDN dibuat, tentu anda harus mengisinya dengan dana yang akan anda gunakan untuk transaksi saham. Jumlah setorannya bisa anda sesuaikan dengan jumlah transaksi yang akan anda lakukan. Penyetoran bisa dilakukan melalui setoran tunai, ATM, Internet Banking dan Mobile banking.

  1. Melakukan Pembelian Saham

Setelah itu anda bisa langsung melakukan transaksi investasi saham online. Bukalah aplikasi kemudian ikuti langkah-langkahnya. Biasanya setiap aplikasi memiliki tutorial tertentu untuk penggunaannya. Ingatlah untuk membeli saham yang profitable  untuk anda. Jika transaksi sudah berhasil, anda bisa mengecek halaman portofolio yang akan menunjukkan list kepemilikan saham yang telah anda beli.

  1. Melakukan Penjualan Saham

Jika anda ingin menjual saham yang anda miliki, anda bisa melakukan penjualan di aplikasi investasi saham broker pilihan anda. Jika ingin cepat terjual, anda bisa memilih harga tertinggi yang tersedia di pasar untuk saham anda. namun jika mau lebih sabar,anda bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi.

  1. Proses Settlement Transaksi

Transaksi saham di Bursa Efek sedikit berbeda dengan proses jual beli yang lain dimana anda harus membayar saat itu juga. Proses settlement atau penyelesaian transaksi jual beli saham dapat dilakukan selama T+2 atau kurang lebih sama dengan 2 harus setelah transaksi dilakukan.

  1. Membayar Fee Transaksi

Ketika melakukan transaksi jual beli saham, anda juga harus membayar fee untuk perusahaan broker yang anda gunakan jasanya. Fee dari masing-masing perusahaan broker berbeda, jadi saat memilih broker, perhatikan juga harga fee nya.

  1. Melakukan Analisa Fundamental

Analisa Fundamental akan membantu anda memutuskan untuk membeli atau menjual saham anda. Analisa fundamental memerlukan data dari laporan keuangan perusahaan.

Data tersebut akan digunakan untuk menghitung harga wajar dari saham yang berlaku pada periode tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, biasanya perusahaan broker telah menyediakan data laporan keuangan perusahaan dan analisanya sehingga anda hanya perlu membaca analisisnya tanpa mengumpulkan dan menghitungnya secara manual.

Meskipun begitu, sebaiknya anda tetap harus memiliki pengetahuan umum mengenai saham agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

  1. Melakukan Diversifikasi untuk Mengelola Risiko

Melakukan diversifikasi investasi adalah salah satu cara untuk mengelola resiko berinvestasi. Dengan melakukan diversifikasi investasi, anda harus membagi investasi anda menjadi dua atau lebih saham atau jenis instrumen investasi yang lainnya. Tujuan dari diversifikasi adalah jika satu saham perusahaan A sedang menurun, anda bisa mengandalkan investasi saham di perusahaan lainnya untuk bertahan.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara membeli saham online yang mudah dan tepat. Jika anda masih bingung memilih broker yang tepat, anda bisa mengandalkan Universal Broker sebagai fasilitator investasi saham anda.

Perusahaan ini telah terbukti menangani investasi saham dengan cara terbaik dengan biaya yang masuk akal dan tentunya, anda akan mendapatkan panduan serta jasa terbaik yang akan mengantarkan anda pada efektifitas dan kemudahan investasi saham. Jadi, anda tidak perlu ragu untuk mempercayakan investasi saham di Universal Broker ya!

What's your reaction?
1COOL0WTF0LOVE0LOL