Mengacu dari rilis Infovesta per tanggal 19 Oktober 2020, reksadana membukukan penghasilan yang positif saat tercatat mengalami kenaikan 1.47 persen dari data hasil transaksi per mingguannya. Infovesta menyajikan data reksadana saham melalui Equity Fund Index yang dijadikan narasumber utama untuk melihat performa reksadana terbaik oktober bagi pemodal.

Semua Produk Reksadana Bukukan Profit

Semua produk dari indeks reksadana membukukan profit pada penutupan perdagangan minggu kemarin, menguntit kenaikan indeks harga saham gabungan (IHSG) selama sepekan. Dengan mengacu pada rilis data mingguan Infovesta per Senin 19 Oktober 2020, performa dari reksadana tercatat naik 1,57 persen sepanjang minggu lalu seperti yang tersaji di Equity Fund Index.

Selain itu, reksadana campuran juga turut memberikan impresi yang mengesankan dengan mencatatkan profit 0,99 persen sepanjang minggu lalu sesuai dari data yang disajikan pada Infovesta Balanced Fund Index.

Performa brilian kedua produk diatas banyak terbantu oleh reli kenaikan IHSG sejak tanggal 12 Oktober 2020 sampai dengan 16 Oktober 2020, saat IHSG membukukan kenaikan 0,98 persen sepanjang minggu lalu.

Mengekor kedua produk diatas, performa reksadana penghasilan tetap juga membukukan profit senilai 0,59 persen (mengacu data Infovesta Fixed Income Fund Index)sedangkan performa reksadana pasar uang menyumbangkan profit 0,09 persen (mengacu data Infovesta Money Market Fund Index) sepanjang minggu lalu.

Terakhir, reksadana obligasi melengkapi performa mengesankan dari reksadana saat data indeks acuan perdagangan obligasi yang tercatat di Infovesta Government Bond Index dan Infovesta Corporate Bond Index menunjukan hasil profit dari kedua produk ini sebesar 0,46 persen dan 0,12 persen.

Top Performa Tertinggi Reksadana per Tanggal 16 Oktober 2020

Dibawah ini Kami sajikan data dari performa reksadana terbaik

Reksadana Fixed Income

Manulife Obligasi Unggulan Kelas A (+2,65 persen)

Reliance Dana Terencana (+2,56 persen)

Sucorinvest Bond Fund (+2,29 persen)

Reksadana Money Market

 Syailendra Money Market Fund (1,01 persen)

PNM Pasar Uang Syariah (+1,01 persen)

Manulife Dana Kas Syariah Misbah (+0,64 persen)

Reksadana Saham

Millenium MCM Equity Sektoral (+13,69 persen)

Sucorinvest Sharia equity Fund (+10,8 persen)

Valbury Equity I (+9,88 persen)

Reksadana Mixed

Sucorinvest Citra Dana Berimbang (+9,81 persen)

Sucorinvest Anak Pintar (+7,82 persen)

Sucorinvest Flexi Fund (+ 7,52 persen)

Reksadana Dana Indeks dan ETF

Premier ETF Indonesia State-Owned Conmpanies (+ 3 persen)

Premier ETF Indonesia Financial (+2,62 persen)

Premier ETF Pefindo I Grade (+1,92 persen)

Reksadana Fixed Income dalam Dolar AS

 Star Fixed Income Dollar (+1,9 persen)

Cipta Obligasi USD (+0,89 persen)

Tram Pendapatan Tetap USD (+0,62 Persen)

Kesimpulan

Performa semua lini produk reksadana memberikan harapan ditengah situasi pandemi korona yang belum berujung. Dari semua jenis produk reksadana maka reksadana penghasilan tetap berhasil menjuarai dan menjadi yang terdepan dalam hal imbal atau profit yang dibukukan dari data tahun ke tahun, dengan mencatatkan profit senilai 5,04 persen.

Performa terbaik kedua diraih oleh reksadana pasar uang dengan mencatatkan profit sebesar 3,72 persen untuk data tahun ke tahunnya. Nah itu dia beberapa reksadana saham terbaik 2020 hingga bulan oktober.

What's your reaction?
1COOL0WTF0LOVE1LOL