Investasi merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan oleh para pebisnis, baik pemula maupun kalangan profesional. Sama halnya dengan universal broker yang bergerak dibidang invetasi. Bagi pemula, memulai investasi dapat dilakukan kapan saja asalkan mempunyai dana. Reksadana merupakan salah satu investasi yang selalu menarik perhatian bagi para pemula. Dengan keuntungan yang menjanjikan, wajar rasanya jika para pemula tertarik melakukan investasi direksada. Sebelum melangkah jauh dalam memilih reksadana, ada baiknya kita mempelajari dasar-dasar reksadana untuk mendapatkan reksadana terbaik.

Apa itu reksadana?

Reksadana adalah suatu pola atau wadah pengelolaan dana atau modal dari kumpulan investor yang ingin berinvestasi dalam instrumen pasar modal dengan membeli unit penyertaan reksadana. Dana yang terkumpul kemudian akan diolah oleh manajer investasi atau yang biasa disingkat MI dan diinvestasikan dalam saham, obligasi, pasar uang dan lainnya.

Bagaimana cara kerja investasi reksadana?

Sama hal dengan bisnis lainnya, reksada juga mempunyai cara kerjanya tersendiri. Banyak orang yang menyebut bahwa investasi reksadana merupakan investasi yang menjanjikan. Lalu bagaimana dengan cara kerja investasi reksada itu sendiri sehingga bisa menghasilkan profit bagi seseorang yang berinvestasi disana?

  1. MI atau manajer investasi mengumpulkan dana dari nasabah
  2. Setelah dana terkumpul kemudian MI akan menginvestasi dana tersebut sesuai dengan kesepakan bersama para investor
  3. Setelah proses transaksi terjadi investor akan menerima laporan secara berkala mengenai dana yang sudah dinvestasi beserta progresnya oleh pihak manajer investasi
  4. Adapun potongan yang dibebankan kepada investor oleh MI seperti biaya operasional seperti expense ratio.

Jenis-jenis Reksadana

Bagi seorang pemula baiknya mengetahui beberapa jenis investasi reksadana yang sering dilakukan. Jenis reksadana memang beragam, hal ini dipengaruhi dari banyaknya pihak yang mengelola dalam hal ini manejer investasi yang mempunyai portofolio reksada tersebut. Adapun jenis reksadana pada umumnya:

  1. Reksadana saham

Reksadana saham yaitu dana investasi yang sudah dikumpulkan oleh manajer investasi akan dibelikan saham yang tercatat di bursa efek Indonesia.

  1. Reksadana obligasi

Reksadana obligasi adalah investasi yang dananya akan dibelikan produk surat berharga atau surat utang.

  1. Reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang adalah investasi yang akan dibelikan produk yang terdapat di instrumen pasar uang seperti deposito berjangka, obligasi yang jatuh tenpo dalam waktu tertentu dan lain-lainnya.

  1. Reksadana pendapatan tetap

yang terakhir yaitu investasi reksadana pendapatan tetap. Investasi reksadana jenis ini dananya akan dibelikan produk berupa obligasi atau sukuk berbasis hutang.

Tips memilih reksadana tebaik untuk pemula

Setelah kita mengetahui apa itu reksadana, bagaimana cara kerjanya dan jenis-jenis reksadana, apakah masih tertarik untuk berinvestasi pada reksadana? Jika sudah bulat untuk berinvestasi dalam reksadana. Berikut ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan:

  1. Tentukan jenis investasi reksadana

Setelah membaca ulasan diatas, tentunya anda sudah mengetahui tentang jenis reksandana apa saja. Saatnya anda memutuskan jenis investasi reksadana apa yang ingin anda gunakan. Jenis investasi reksadana memang relatif, jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar tentu saja sebanding dengan resiko yang didapatkan. Jadi baiknya anda putuskan investasi apa yang cocok untuk anda pilih sebagai investasi reksadana terbaik.

  1. Perhatikan rekam jejak investasi

Setiap investasi selalu mempunyai tren tersendiri, baik investasi diluar reksadana maupun jenis reksadana tertentu. Disinilah hal yang perlu kita perhatikan secara mendalam. Jangan sampai anda salah pilih dalam menentukan jenis investasi reksadana. Salah-salah memilih, bukan keuntungan yang didapatkan malah sebaliknya. Liat tren dipasaran jenis investasi reksadana apa yang menujukan tren positif.

  1. Pilih manajer investasi yang tepat

Manajer investasi merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam memulai bisnis investasi. Jika tepat memilih manajer investasi yang bagus, maka pundi-pundi keuntungan dapat dengan mudah kita dapatkan. Salah satu manajer investasi yang dapat kamu andalkan yaitu unilever broker yang sudah mempunyai pengalaman dan track record yang bagus dalam dunia investasi.

Kesimpulan

Dalam proses bisnis baik itu didunia investasi reksadana ataupun diluar itu, baiknya kita mempelajari terlebih dahulu proses bisnis yang akan kita lakukan. Dalam bisnis investasi reksadana bukan hanya aspek modal saja yang menentukan bisnis bisa berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Namun lebih dari itu, kita harus mempunyai tujuan jenis investasi reksadana apa yang akan kita pilih dan kita juga mesti selektif dalam memilih manajer investasi, karena itu sangat penting dalam bisnis investasi reksadana. Semua aspek saling berkaitan untuk mendaptkan reksadana terbaik yang menghasilkan keuntungan. Sebagai pemula dalam bidang investasi reksadana, jangan terlalu terburu-buru dalam memutuskan suatu hal. Selalu menganalisa terlebih dahulu sebelum mumutuskan langkah apa yang akan kita ambi.

What's your reaction?
1COOL0WTF0LOVE0LOL