Jual dan beli adalah dua kata yang saling berhubungan dalam upaya mencari selisih atau keuntungan. Saham sebagai instrumen dalam investasi saham merupakan salah satu objek yang juga bisa diperjualbelikan dalam upaya mencari keuntungan bagi pelaku, pemilik atau pembelinya yang bisa didapat dari dividen (bagi hasil dari keuntungan perusahaan kepada pemilik saham) atau selisih antara harga jual dan beli saham (capital gain) tersebut. IDX30 futures adalah ajang yang akan menyajikan peluang-peluang dari fluktuasi 30 saham perusahaan yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar dengan sokongan fundamental perusahaan yang berkualitas baik.

Dasar dari IDX30 Futures adalah fluktuasi dari indeks IDX30, yaitu indeks pengukur fluktuasi harga 30 saham yang konstituennya diambil dari LQ45 (45 saham blue chip yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia/BEI). IDX30 Futures dipilih oleh pengelola atau manajer investasi untuk mensortir LQ45 yang dirasakan terlalu banyak dan menyederhanakan pilihan untuk bertransaksi dengan kualitas saham yang lebih maksimal. Harga saham dari IDX30 Futures akan digunakan sebagai indikator transaksi jual beli saham di BEI, sebagai acuan dalam pengelolaan investasi saham unggulan yang akan menjadi benchmark atau produk pilihan terbaik dari sajian informasi harga saham terkini yang ditampilkan secara real-time di bursa saham.

Saat membeli saham Anda secara otomatis mengambil sebagian kepemilikan diperusahaan tempat Anda membeli saham (fisik). Untuk mengantisipasi penurunan harga saham yang Anda miliki, Anda bisa melakukan aksi jual saham yang sama pada IDX30 Futures untuk lindung nilai/hedging dan speculator dalam merespon fluktuasi harga saham dalam jangka pendek hingga jangka panjang. 30 jumlah saham pada IDX30 Futures akan dijadikan acuan portofolio di investasi saham yang ideal, efektif dan efisien dari jumlah diversifikasi aset yang akan menjadi pilihan utama untuk ditransaksikan oleh pelaku pasar. Berikut kami berikan daftar saham-saham yang termasuk di IDX30 Futures.

List Saham Resmi yang terdadtar di IDX30 Futures per Agustus 2020 s/d Januari 2021:

No. Kode Nama Saham Keterangan
1 UNVR Unilever Indonesia Tbk.
2 UNTR United Tractors Tbk
3 TWR Sarana Menara Nusantara Tbk. Baru
4 TLKM Telekomunikasi Indonesia (Persero) tbk.
5 SMGR Semen Indonesia (Persero) Tbk
6 PTBA Bukit Asam Tbk.
7 PGAS Perusahaan Gas Negara (Persero) tbk.
8 MNCN Media Nusantara Citra Tbk.
9 KLBF Kalbe Farma Tbk.
10 JPFA Japfa Comfeed Indonesia Tbk.
11 INTP Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
12 INKP Indah Kiat Pulp & Paper Tbk.
13 INDF Indofood Sukses Makmur Tbk.
14 INCO Vale Indonesia Tbk.
15 ICBP Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
16 HMSP H.M. Sampoerna Tbk.
17 GGRM Gudang Garam Tbk.
18 EXCL XL Axiata Tbk. Baru
19 ERAA Erajaya Swasembada Tbk.
20 CPIN Charoen Pokphand Indonesia Tbk
21 BTPS Bank BTPN Syariah Tbk. Baru
22 BMRI Bank Mandiri (Persero) Tbk.
23 BBTN Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk.
24 BBRI Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
25 BBNI Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
26 BBCA Bank Central Asia Tbk.
27 ASII Astra International Tbk.
28 ANTM Aneka Tambang Tbk.
29 ADRO Adaro Energy Tbk.
30 ACES Ace Hardware Indonesia Tbk.

*Aktif mulai berlaku per tanggal 3 Agustus 2020

Untuk List perusahaan yang dikeluarkan dari penghitungan  IDX30 adalah

No. Kode Nama Saham
1 WSKT Waskita Karya (Persero) Tbk.
2 BRPT Barito Pacific Tbk.
3 PTPP PP (Persero) Tbk.

Konstituen dari indeks IDX30 secara berkala dalam 6 bulan sekali akan dilakukan evaluasi dan dikaji ulang, yaitu dibulan Januari dan Juli dan pengumumannya akan dipublikasikan pada awal bulan berikutnya. Metode atau dasar untuk mempertimbangkan pemilihan konstituen IDX30 ialah poin kuantitatif yang akan memperhitungkan nilai, frekuensi dan hari transaksi dan juga kapitalisasi pasar. Diluar poin kuantitatif BEI turut mempertimbangkan informasi kelangsungan usaha, laporan keuangan dan pertimbangan lainnya seperti adanya pemberlakukan suspense atau tidak dari perusahaan bersangkutan.

What's your reaction?
1COOL0WTF0LOVE1LOL