Asuransi adalah salah satu instrumen penting yang banyak dibutuhkan orang di masa ini. Berbagai risiko hidup yang mungkin terjadi dimasa mendatang dapat anda bagi risikonya dengan menggunakan asuransi. Asuransi akan membuat hidup anda jauh lebih aman dan nyaman dalam melakukan aktivitas. Nah untuk anda yang ingin mendaftar asuransi namun tidak ingin ribet dengan berbagai kegiatan administrasi terkait, anda bisa memanfaatkan jasa dari broker asuransi. Broker asuransi adalah seseorang atau badan atau perusahaan yang membantu anda dalam asuransi. Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut.

Pengertian Broker Asuransi

Broker asuransi merupakan lembaga atau badan atau perusahaan yang dibuat guna membantu nasabah untuk mendapatkan haknya secara penuh selama menjalankan kontrak asuransi. Broker akan melindungi nasabah asuransi dari berbagai risiko kerugian yang mungkin mereka miliki selama berasuransi. Pialang asuransi ini dibentuk oleh pemerintah secara langsung unk memberikan jaminan serta perlindungan finansial bagi pengguna asuransi.

Pialang asuransi berbeda dengan agen asuransi. Pialang asuransi merupakan badan atau lembaga yang tidak bisa digantikan dengan pekerjaan perorangan tanpa izin. Sedangkan agen merupakan seseorang yang bekerja untuk perusahaan dengan tugas mempromosikan layanan asuransi yang dimiliki perusahaan tersebut.

Lantas, dari mana pialang asuransi mendapatkan gajinya? Apakah klien atau nasabah asuransi perlu membayarnya? Jawabannya adalah tidak. Pialang asuransi tidak menarik bayaran atas layanan yang telah diberikannya untuk anda. Pialang asuransi akan mendapatkan komisi dari brokerage sebagai kompensasi dari risiko yang telah ditempatkannya.

Peran Broker Asuransi

Jika dilihat dari pengertiannya, sudah jelas bahwa peran dan tugas broker asuransi adalah melindungi kepentingan nasabah perusahaan asuransi. Namun berikut beberapa rincian dari tugas pialang asuransi:

–          Melakukan identifikasi risiko yang mungkin terjadi selama nasabah menggunakan asuransi dan menghindarkannya

–          Mempersiapkan dan membuat kontrak asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah

–          Membantu nasabah untuk memilih penanggung yang aman selama asuransi berlangsung

–          Menjadi perantara antara perusahaan asuransi dan nasabah asuransi mengenai tingkat premi

–          Menjalankan risk inspection dan mengatur segala administrasi program asuransi mewakili nasabah

–          Menjalankan negosiasi klaim asuransi jika diperlukan

Tanggung Jawab Broker Asuransi

Broker jasa asuransi bekerja dibawah pengawasan pemerintah dan telah diatur oleh undang-undang jadi tidak dapat dilakukan sembarangan. Berikut beberapa tanggung jawab dari pialang jasa asuransi:

  1. Memperkenalkan nasabah atau calon nasabah dengan risiko yang mungkin terjadi di asuransi serta bagaimana cara mengelola manajemen risikonya. Hal ini dimaksudkan agar rencana asuransi yang akan dipilih oleh calon nasabah dapat sesuai dengan kondisi keuangan nasabah.
  2. Memperhatikan dan bertanggung jawab atas hal-hal yang terkait dengan pengelolaan pemasaran efektif. Diantaranya adalah:

–          Up sell untuk nasabah lama

–          Pembaruan sistem pembukuan nasabah

–          Database serta catatan administrasi nasabah

–          Pengawasan klaim asuransi

–          Dealing asuransi yang adil antara nasabah dengan perusahaan asuransi

  1. Merangkum dan menyerahkan ulasan kemajuan proses asuransi kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan memerlukannya.

Keberadaan pialang asuransi ini sudah seharusnya anda manfaatkan dengan baik. Broker jasa asuransi adalah pihak yang paling netral antara perusahaan asuransi dan nasabah asuransi. Apalagi keberadaan pialang jasa asuransi telah dijamin keamanannya oleh pemerintah. Meskipun pialang jasa asuransi memiliki peran dan tanggung jawab besar atas asuransi anda, seluruh keputusan berasuransi tetap ada pada tangan anda sebagai nasabah.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap tentang broker asuransi. Semoga informasi diatas dapat anda jadikan pertimbangan untuk memilih menggunakan pialang jasa asuransi.

What's your reaction?
3COOL0WTF0LOVE0LOL