FAQ’s

FAQ

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi pembukaan account di PT Universal Broker Indonesia Sekuritas?

  • Mengajukan permintaan untuk dikirimkan Formulir Pembukaan Rekening Efek melalui telepon/email.
  • Kunjungi kantor PT Universal Broker Indonesia Sekuritas terdekat.
  • Melalui pembukaan Rekening Online (Khusus Individu dan WNI)

Apa saja persyaratan untuk membuka rekening efek di PT Universal Broker Indonesia Sekuritas?

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau mengisi surat pernyataan tidak memiliki NPWP. Jika berstatus sebagai ibu rumah tangga dapat menggunakan NPWP suami (dilengkapi dengan fotokopi Kartu Keluarga/Surat Nikah). Jika berstatus sebagai pelajar dapat menggunakan NPWP orangtua (dilengkapi dengan fotokopi Kartu Keluarga).

Mengapa saya harus menyertakan informasi pribadi untuk membuka account di PT Universal Broker Indonesia Sekuritas?

Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia dan penerapan prinsip mengenal Nasabah (Peraturan Bapepam-LK V.D.10), kami harus memeriksa setiap informasi calon Nasabah yang ingin membuka account di PT Universal Broker Indonesia Sekuritas, termasuk beberapa keterangan pribadi untuk kepentingan perlindungan account tersebut.

Berapa lama proses pembukaan rekening di PT Universal Broker Indonesia Sekuritas?

PT Universal Broker Indonesia Sekuritas akan segera mengaktifkan rekening Nasabah setelah Nasabah melakukan proses registrasi dan deposit dana.

Kapan sebuah account siap untuk melakukan transaksi ?

Transaksi sudah dapat dilakukan setelah Nasabah mendapatkan user ID, password, PIN trading, dan sudah melakukan deposit awal.

Bagaimana prosedur pengiriman User ID, Password dan Personal Identification Number (PIN) untuk menjaga keamanantransaksi ?

Instruksi pengiriman User ID, Password dan Personal Identification Number (PIN) dilakukan secara personal melalui email yang didaftarkan oleh Nasabah saat pembukaan rekening efek. Nasabah juga diwajibkan mengubah Password dan PIN Trading secara berkala demi keamanan. User ID tidak dapat dirubah.

Bagaimana jika saya lupa password atau terblokir secara otomatis ?

Kirimkan permintaan reset password melalui email yang terdaftar saat pembukaan account ke cs@universalbroker.co.id

Apakah saya dapat melakukan order di luar jam perdagangan bursa ?

Bisa, Anda dapat input order untuk hari berikutnya diatas jam 24.00 WIB.

Apa itu Rekening Margin?

Rekening Margin adalah rekening khusus yang dapat memberikan fleksibiltas berupa margin dalam periode jangka panjang kepada nasabah, dengan bunga ringan.

Bagaimana Rek Margin Itu Berkerja?

Ketika margin trading dimulai, nasabah akan diminta menentukan persentase margin dari total order. Persentase ini berkaitan dengan rasio perbandingan antara dana yang nasabah miliki dengan dana pinjaman dari UBIS. Tingkat leverage (penggunaan dana pinjaman) dalam margin trading pada umumnya 2:1. Misalnya, jika nasabah ingin trading Rp.400 juta dengan leverage 2:1, maka nasabah harus menyediakan modal sebesar Rp.200 juta.

Syarat Pembukaan Rekening Margin di UBIS?

Harus memiliki rekening regular di UBIS; mengisi formulir pengajuan margin; jika pengajuan sudah disetujui manajemen UBIS kemudian dibuat perjanjian margin;  Nasabah membuka rekening margin; menyetorkan jaminan berupa cash dan atau saham senilai RP 200jt ke rekening margin.

Berapa Setoran Awal Untuk Pembukaan Rekening Margin?

Setoran berupa cash dan atau saham marginable senilai Rp.200 Juta.

Bisakah Pindah Saham Untuk Setoran Awal Rekening Margin?

Untuk setoran awal nasabah dapat melakukan Pindah Saham Marginable senilai Rp.200 Juta

Berapakah Fasilitas Limit Yang di Berikan Untuk Rek Margin?

Fasilitas Limit yang diberikan adalah sesuai dengan Surat Persetujuan Fasilitas Margin yang telah disetujui oleh Manajemen.

Berapakah Fee Transaksi Beli dan Jual Untuk Nasabah Rekening Margin?

Biaya transaksi = fee beli 0,15% – fee jual 0,25%.

Berapa Bunga Margin di UBIS?

Bunga Margin sebesar 0.053% per hari.

Kapan Bunga Margin Mulai Berjalan?

Bunga Margin dikenakan saat penggunaan fasilitas Margin (current date/T+0) tersebut.

Bagaimana Perhitungan Rasio Penggunaan Fasilitas Margin?

  1. JIka nilai efek Jaminan Pembiayaan mengalami penurunan sehingga nilai pembiayaan melebihi 65% dari nilai jaminan pembiayaan (ratio > 65%),  maka nasabah harus top up dana / jual saham sampai ratio kembali 65%.
  2. Jika nilai pembiayaan telah mencapai 80% atau lebih (ratio ≥ 80%), maka perusahaan akan langsung melakukan forced sell dengan / tanpa pemberitahuan kepada nasabah.

Kapan Dilakukan Forced Sell Saham?

  1. Jika nasabah tidak memenuhi Permintaan Pemenuhan Jaminan sebagaimana dimaksud dalam angka 10.1, paling lambat dalam waktu 3 (tiga) hari bursa sejak tanggal surat permintaan pemenuhan jaminan dikirim kepada nasabah, maka pada hari ke 4 (empat) perusahaan akan menjual efek dalam jaminan pembiayaan.
  2. Jika ratio ≥ 80% perusahaan akan langsung melakukan forced sell dengan/tanpa pemberitahuan kepada nasabah.

Berapa Lama Jangka Waktu Perjanjian Margin di UBIS?

Jangka Waktu Perjanjian Margin 90 hari dan dapat di perpanjang kembali dengan pertimbangan dari manajemen UBIS.

Apa itu haircut ?

Haircut adalah suatu persentase tertentu yang digunakan sebagai pengurang nilai pasar wajar efek sesuai dengan resikonya masing-masing. Jika suatu saham memiliki haircut yang kecil maka nilai trading limit-nya besar, sebaliknya jika suatu saham memiliki haircut yang besar maka nilai trading limit-nya kecil (pemotongan nilai saham tersebut dapat lihat pada list haircut). Walaupun saham tersebut mengalami pemotongan nilai, disini hanya berarti untuk jaminan saja. Nilai kepemilikan sebenarnya sesuai dengan harga di pasar.

Apa itu Cum Date, Ex Date, Recording Date dan Payment Date pada Corporate Action ?

  • Cum date di pasar reguler adalah tanggal terakhir pembelian saham di pasar reguler dan memegang saham tersebut yang mendapatkan hak corporate action.
  • Ex date di pasar reguler adalah awal pembelian saham di pasar reguler tanpa/tidak mendapatkan hak corporate action.
  • Recording date adalah tanggal pencatatan saham bagi Nasabah yang mendapatkan hak corporate action.
  • Payment date adalah tanggal pembayaran hak corporate action Nasabah dari KSEI kepada perusahaan efek, sehingga hak corporate action akan diterima di Rekening Dana Investor pada T + 1 dari Payment Date.

Apa itu Right dan Warrant ?

  • Right adalah hak yang diberikan kepada pemegang saham lama untuk terlebih dahulu membeli saham yang ditawarkan dengan tujuan agar mempunyai kesempatan untuk mempertahankan persentasi kepemilikannya.
  • Warrant adalah efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang efek untuk memesan/membeli saham perusahaan tersebut pada harga tertentu setelah 6 bulan atau lebih.

Bagaimana caranya melakukan exercise Warrant/Right ?

  • Nasabah yang ingin melakukan penebusan Warrant/Right, dapat melakukan instruksi dengan mengisi Form Exercise Warran/Right dan kirimkan melalui fax/email ke cs@universalbroker.co.id
  • Nasabah diharapkan menyediakan dana untuk melakukan exercise Warran/Right pada portfolio, sehingga dapat mempermudah pendebetan dana dan memperlancar proses exercise.

Berapa lama proses exercise Warrant/Right ?

Proses exercise Warrant/Right akan berlangsung selama 3 hari setelah pendebetan dana, kemudian saham hasil exercise sudah dapat ditransaksikan oleh Nasabah.

Apa itu IPO ?

IPO (Initial Public Offering) adalah penawaran saham perdana perusahaan kepada investor. Penawaran Perdana ini dilakukan oleh Penjamin Emisi/Underwriter yang di tunjuk oleh emiten/perusahaan yang Go Public.

Apa itu OJK ?

OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah sebuah lembaga yang sejak tahun 2011 mulai mengambil alih wewenang pengawasan atas pasar modal Indonesia dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Apa itu KPEI ?

KPEI (Kliring Penjaminan Efek Indonesia) adalah badan penyedia jasa kliring dan penjamin kelengkapan transaksi dalam urutan, tepat, dan efisien untuk produk-produk seperti saham, obligasi, dan derivatif.

Apa itu KSEI ?

KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) adalah lembaga yang menyediakan jasa kustodian sentral dan penyelesaian transaksi efek.

Bagaimana cara melakukan pemindahan saham dari Perusahaan Efek lain ke PT Universal Broker Indonesia Sekuritas?

Nasabah akan diinstruksikan untuk meminta formulir pemindahan saham pada sekuritas yang lama, dimana copy formulir pemindahan tersebut diserahkan kepada PT Universal Broker Indonesia Sekuritas untuk penyelesaian pemindahan saham Nasabah dengan biaya OTC (Over The Counter) melalui C-BEST sebesar Rp 22.000,-/emiten yang berlaku dua arah (dikenakan oleh sekuritas yang lama dan PT Universal Broker Indonesia Sekuritas).

Apa syarat yang dibutuhkan untuk proses pemindahan saham dari Perusahaan Efek lain ke PT Universal Broker Indonesia Sekuritas?

  • Instruksi sudah diterima PT Universal Broker Indonesia Sekuritas (T + 0) sebelum pukul 12.00 WIB.
  • SID (Single ID) Nasabah sudah sama antara Perusahaan Efek lain dan PT Universal Broker Indonesia Sekuritas.
  • Tidak ada masalah yang dapat menghambat proses pemindahan saham pada Perusahaan Efek lain yang akan memindahkan sahamnya ke PT Universal Broker Indonesia Sekuritas.

Bagaimana mekanisme jatuh tempo penyelesaian transaksi beli dan jual di EZYDEAL Online Trading ?

  • Penyelesaian Transaksi Beli : Nasabah wajib menyetorkan dana net transaksi pembelian efektif paling lambat T + 2 pada pukul 10.00 WIB.
  • Penyelesaian Transaksi Jual : PT Universal Broker Indonesia Sekuritas akan menyetorkan dana net transaksi penjualan ke RDI pada T + 2.

Berapa denda yang dikenakan untuk keterlambatan pembayaran di PT Universal Broker Indonesia Sekuritas?

Nasabah yang belum menyelesaikan kewajiban pembayaran atas transaksi beli saham akan dikenakan bunga sebesar 36 % per tahun.

Apakah akan dikenakan sanksi tertentu apabila belum melakukan pelunasan jatuh tempo pada waktu yang ditentukan ?

Nasabah yang belum menyelesaikan pembayarannya hingga T + 4 sesi I, maka akan dilakukan Forced Sell/penjualan paksa saham yang dimiliki pada T + 4 sesi II.

Apakah saya akan memperoleh konfirmasi laporan transaksi harian dan bulanan ?

Iya, Nasabah akan memperoleh Trade Confirmation saat melakukan transaksi serta Statement of Account untuk laporan transaksi bulanan melalui email yang terdaftar saat pembukaan account.

Apakah saya dapat melakukan perubahan dan/atau penambahan data yang telah terdaftar di account PT Universal Broker Indonesia Sekuritas dan bagaimana caranya ?

Ya, Nasabah dapat melakukan perubahan atau penambahan data yang sudah terdaftar di PT Universal Broker Indonesia Sekuritas. Nasabah dapat mengisi dan menandatangani form perubahan atau penambahan data, kemudian mengirimkannya melalui fax/email namun form asli harus tetap dikirimkan ke kantor pusat.

Bagaimana caranya melakukan penutupan rekening di PT Universal Broker Indonesia Sekuritas?

  • Nasabah dapat mengisi form penutupan rekening dan menandatangani di atas materai Rp.6000,-.
  • Form penutupan rekening yang telah diisi dan ditandatangani tersebut dikirimkan ke kantor pusat PT Universal Broker Indonesia Sekuritas.
  • Instruksi penutupan rekening tersebut akan diproses bila kewajiban yang dimiliki oleh Nasabah terhadap PT Universal Broker Indonesia Sekuritas sudah diselesaikan.

Apa itu EZYDEAL?

EZYDEAL ONLINE TRADING merupakan fasilitas Online Trading milik PT Universal Broker Indonesia Sekuritas yang dipergunakan untuk melakukan transaksi perdagangan saham secara langsung oleh Nasabah melalui perangkat Komputer Windows, Gadget Android dan Apple sehingga transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

Mengapa menggunakan EZYDEAL ?

  • Real Time : Nasabah dapat mengikuti perkembangan harga yang terjadi dan memantau portfolio dengan cepat melalui apliaksi EZYDEAL.
  • Fleksibel : Nasabah dapat melakukan transaksi saham sendiri dengan perangkat mobile yang terhubung dengan jaringan internet, dimanapun dan kapanpun tanpa melalui perantara.
  • User Friendly : Nasabah dapat mengatur dan memodifikasi template sesuai keinginan.
  • Easy to Use : Mudah digunakan oleh Nasabah sehingga Nasabah tidak kesulitan dalam memantau harga saham dan melakukan transaksi.

Bagaimana keamanan EZYDEAL ?

PT Universal Broker Indonesia Sekuritas memastikan keamanan transmisi data yang terenkripsi.  Selain itu, dana dan saham Nasabah hanya dapat dipindahkan ke rekening Nasabah yang terdaftar atas nama Nasabah tersebut.

Aplikasi EZYDEAL dapat dioperasikan pada platform/device apa saja ?

  • PC yang menggunakan OS Windows
  • Tablet yang menggunakan IOS dan Android
  • Handphone yang menggunakan IOS, Android,

Apakah saya harus menginstall suatu program/aplikasi agar bisa menggunakan fasilitas EZYDEAL Online Trading ?

Iya, cukup sekali install aplikasi EZYDEAL di perangkat (PC, Tablet, Handphone) yang akan digunakan untuk melakukan transaksi saham.

Bagaimana cara menginstall EZYDEAL di PC Windows, Android dan IOS ?

  • Windows – Melalui situs resmi kami di www.universalbroker.co.id klik online trading lalu klik download EZYDEAL Online Trading Platform. Proses instalasi dapat dilakukan setelah setup EZYDEAL muncul. Jika desktop shortcut EZYDEAL sudah ada, aplikasi sudah dapat diakses.
  • iOS – Melalui AppStore dengan search EZYDEAL lalu klik install. Setelah proses instalasi selesai, aplikasi sudah dapat diakses.
  • Android – Melalui PlayStore dengan search EZYDEAL lalu klik install. Setelah proses instalasi selesai, aplikasi sudah dapat diakses.

Bagaimana mekanisme transaksi saham menggunakan EZYDEAL Online Trading ?

Nasabah melakukan order beli dan/atau jual melalui EZYDEAL. Order secara otomatis akan dikirim oleh sistem remote trading ke JATS (Jakarta Automatic Trading System). Order yang berhasil dikirim ke JATS akan mendapatkan JATS Order ID. Order yang telah match akan mendapatkan JATS Trade ID.

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak bisa login ke dalam aplikasi EZYDEAL ?

  • Cek koneksi internet Anda
  • Pastikan Anda memasukkan User ID dan Password yang valid.
  • Pastikan User ID Anda tidak diblokir karena kesalahan memasukkan User ID dan Password sebanyak …. kali berturut-turut.
  • Jika masih mengalami kendala saat login, hubungi Customer Servicekami di General : 021 – 21232185 (Hunting)  untuk mendapatkan bantuan.

Berapa biaya transaksi jual dan beli untuk EZYDEAL Online Trading ?

  • Transaksi Beli : 0.15%
  • Transaksi Jual : 0.25%

asd

asd

asd

asd

asd

asd